10 Rekomendasi Air Cooler Watt Kecil Terbaik untuk Hadapi Cuaca Panas

Rekomendasi air cooler

Beberapa minggu belakangan, benua asia mengalami cuaca panas yang dibarengi dengan peningkatan suhu yang ekstrem. Beberapa negara seperti, India, Thailand, Bangladesh, Myanmar, rata-rata terdampak suhu 40 derajat selama bulan April.  Saking panasnya, aspal-aspal di jalanan India bahkan sampai meleleh.

Meski tak mengalami peningkatan suhu se-ekstrem negara di benua Asia yang lain, udara panas di Indonesia tetap saja terasa lebih bikin gerah. Untuk menghadapi cuaca panas yang meningkat akhir-akhir ini, kamu bisa menggunakan AC, kipas angin, ataupun Air Cooler. Air cooler bisa menjadi opsi yang bagus bila dibandingkan dengan AC ataupun kipas angin.


Keunggulan Air Cooler


Rekomendasi air cooler

Bila dibandingkan dengan AC, Air Cooler memiliki watt yang terbilang kecil. Rata-rata, Air Cooler yang dijual di pasaran memiliki watt sebesar 65 hingga 200 watt saja. Berbeda dengan AC yang bisa berdaya 350-1000 watt.

Air Cooler juga jauh unggul bila kita bandingkan dengan kipas angin. Air Cooler mampu mendinginkan dan melembapkan suhu ruangan dalam waktu yang relatif singkat. Sedangkan kipas angin, biasanya tak terlalu efektif untuk mendinginkan ruangan bila suhu ruang terlalu panas.

Selain itu, Air Cooler juga tak seribet AC dalam urusan pembersihan alat. Kamu bisa melakukan pembersihan Air Cooler sendiri di rumah, tanpa perlu memanggil jasa tukang.

Cara Kerja Air Cooler


Rekomendasi air cooler

Air cooler memiliki tiga komponen utama; tangki air, lembaran serap, dan juga kipas angin. Ketika kamu mengisi air es ke dalam tangki, lembaran serap akan menyerap air tersebut. Kemudian, udara panas akan masuk melalui lembaran serap, sehingga terjadi penguapan. Penguapan tersebut akan menghasilkan udara yang dingin, lalu kipas angin berfungsi untuk menghembuskan udara segar ke penjuru ruangan.  

Cara kerja Air Cooler ini biasa disebut dengan pendinginan evaporatif. Dan pendinginan ini terjadi secara alami dan lebih sehat, karena tidak menggunakan bahan kimiawi.

Rekomendasi Air Cooler


Setelah kamu memahami cara kerja dan keunggulan Air Cooler. Berikut kami sajikan, 10 rekomendasi Air Cooler watt kecil terbaik untuk menghadapi cuaca panas.

SHARP - AIR COOLER PJ-A36TY


air cooler low watt

Air Cooler pertama yang kami rekomendasikan adalah SHARP - AIR COOLER PJ-A36TY.  Air Cooler ini memiliki desain yang minimalis dan mempunya fitur 4 Cooler Ice Pack, yang bisa menurunkan suhu ruangan, 2 kali lebih dingin dari Air Cooler biasa.

Selain itu, Air Cooler SHARP PJ-A36TY, memiliki fitur LCD PANEL. Konsumsi dayanya hanya 65 watt, sehingga irit biaya listrik meskipun sering digunakan. Dan Air Cooler SHARP satu ini memiliki kemampuan volume udara yang lumayan kencang, yaitu, 400 m3/h.

Air Cooler ini memiliki fitur ON/OFF Timer, sehingga membuatnya bisa mati dan menyala sesuai kehendakmu. Fitur ini bisa mencegah dari terjadinya panas berlebih dan kerusakan komponen jika digunakan terlalu lama. Selain itu, juga dilengkapi dengan remote control untuk memudahkan penggunaan harianmu di rumah.

Meski hanya memiliki tangki air sebanyak 6L. Air Cooler SHARP PJ-A36TY, sudah cukup oke untuk dipertimbangkan hadir dalam rumahmu.

GREE TOWER FAN AIR COOLER GTA-ACOOL4


air cooler low watt

Gree Tower Air Cooler GTA-ACOOL4 adalah jenis Air Cooler yang cocok untuk dibeli, bila kamu memiliki rumah yang minimalis, dan tak ingin menghabiskan banyak space untuk sebuah Air Cooler. Selain itu, Gree Tower Air Cooler ACOOL4 Memiliki daya yang tergolong sangat kecil, hanya 50 watt. Mempunyai 3 jenis tipe gerakan kipas,  

Gree Tower Air Cooler memiliki volume udara yang besar dan juga memiliki desain saluran udara yang lebar. Air cooler ini juga dibekali dengan Tirai es Plant Fibre, gunannya mengalirkan udara yang lebih sejuk dan segar.

Air Cooler ini juga disematkan teknologi Anion generator, berfungsi untuk membunuh bakteri yang ada di udara, sehingga aman untuk kesehatan keluarga kamu. Mengingat bahwa Air Cooler ini memiliki desan produk yang ramping, maka harus dimaklumi bila kapasitas tangkinya hanya sebesar 4L saja. Air cooler ini dilengkapi dengan remote control dan dijual dalam 2 varian warna, yaitu Gree White
 dan Flife Black.

DENPOO AIR COOLER AR 1208 XF


air cooler low watt

DENPOO AIR COOLER AR 1208 XF adalah Air Cooler yang sedang banyak di cari di pasaran. Karena selain harganya yang murah, juga memiliki fitur badak yang tidak bisa diremehkan. Memiliki dimensi 381x336x695mm sehingga tak akan menghabiskan banyak ruang di rumahmu.

DENPOO AR 1208 XF ini memiliki tangki air super besar sebanyak 12L dan mampu menghasilkan volume udara sebesar 400m2/h. Air cooler ini juga memiliki watt yang tergolong rendah, 65 watt saja.

Dengan menggunakan desain Honeycomb Pad atau saluran udara berbentuk sarang lebah, pihak produsen mengklaim bahwa desain saluran udara tersebut membuat DENPOO AR 1208 XF mampu menghasilkan pendinginan udara yang lebih baik. Denpoo AR 1208 XF juga dibekali dengan fitur Automatic Oscillation atau gerak otomatis, digital display, dan memiliki remote control untuk memudakan penggunaan user.

MIDEA AIR COOLER AC-100 A


air cooler low watt

Air Cooler rekomendasi kami yang selanjutnya adalah, MIDEA AIR COOLER AC-100 A. Produk ini mengusung tagline, “3 in 1: Cooler, Purifier, Humidifier.”  

Midea Air Cooler satu ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang menginginkan Air Cooler murah namun memiliki kualitas yang oke. Memiliki lapisan HEPA filter, yang mana akan membuat kualitas udara yang dikeluarkan lebih bersih.

MIDEA AC-100 A dibekali dengan kapasitas tangki 6L dan 2 buah ice pack, dengan konsumsi daya yang hanya 55 watt. Meski berukuran kecil, hanya berdimensi 275x260x675 mm, MIDEA AIR COOLER ini mampu mengeluarkan angin yang cukup kencang. Kecepatannya bisa diatur karena memiliki fitur 3 Fan Speed, dan sudah disediakan remote control dalam penggunaannya.

Dengan desain aliran udara seluas 70 derajat, Air Cooler ini mampu menjangkau banyak sudut di rumahmu. Air Cooler ini juga bisa mati secara otomtis bila air di dalam tangki telah habis. Membuatnya bisa mengurangi resiko kerusakan pada pompa dan panas berlebih. Bagian depan MIDEA AC-100 A juga bisa ditutup bila kamu jarang menggunakannya, sehingga meminimalisir menumpuknya debu dan kotoran.

SHARP AIR COOLER PJ-A77TY


air cooler low watt
Bila kamu memiliki budget lebih, SHARP AIR COOLER PJ-A77TY bisa menjadi pilihan Air Cooler untuk kamu beli. Berbeda dengan varian sebelumnya, SHARP PJ-A36TY, tipe PJ-A77TY memiliki tangki yang lebih besar walau tak banyak berbeda. Yaitu, sebesar 7L. Hembusan angin yang dikeluarkan cukup kencang, sehingga mampu membuat ruangan bisa lebih dingin dari sebelumnya.

SHARP PJ-A77TY memiliki fitur ON/OFF Timer, sehingga membuatnya bisa mati dan menyala sesuai kehendakmu. Fitur ini bisa mencegah dari terjadinya panas berlebih dan kerusakan komponen jika digunakan terlalu lama. Meski memiliki daya konsumsi sebesar 70 watt, SHARP PJ-A77TY sudah dibekali fitur energy saving, sehingga membuat pengguna bisa lebih hemat.

Selain itu, Air Cooler ini juga memiliki LED Control Panel yang makin membuatnya terlihat lebih keren dan gagah. Tak lupa dilengkapi dengan fitur standar macam remote control untuk memudahkan pengguna dari jarak jauh. SHARP PJ-A77TY memiliki kelemahan yaitu, unit ini tergolong berat. Berat unitnya 49 KG.

SHARP AIR COOLER PJ-A26MY


air cooler low watt
Sebenarnya, tak banyak perbedaan signifikan antara Air Cooler SHARP PJ-A36TY dan juga Air Cooler SHARP PJ-A26MY ini. Keduanya memiliki fitur Four Ice Pack (Twice Cooling) yaitu kemampuan mendinginkan udara lebih baik dari air cooler biasa.

Air Cooler SHARP PJ-A26MY juga memiliki watt yang ringan, hanya 65 watt saja. Dan juga memiliki volume udara hingga 400m3/h. Air Cooler ini juga disematkan teknologi auto swing louver. Kapasitas tangki juga sama dengan versi saudaranya, yaitu sebanyak 6L. Membuat performanya cukup oke untuk penggunaan normal.  

Perbedaan yang jelas terlihat adalah di tipe PJ-A26MY ini tidak memiliki panel LCD seperti tipe A36TY. Tipe ini hanya memiliki tombol biasa. Jadi, Air Cooler ini cocok buat kamu yang tidak peduli pada tampilan estetis, namun lebih mengedepankan fungsi. Untuk harga, tentu saja PJ-A26MY dipatok dengan harga yang lebih murah dibanding PJ-36TY ataupun PJ-A77TY.

ACE APA AIR COOLER


air cooler low watt
Rekomendasi Air Cooler selanjutnya datang dari merk ACE. ACE APA Air Cooler memiliki desain yang simpel dan minimalis, dan juga sudah dibekali dengan panel LCD, membuatnya makin enak dipandang mata.

ACE APA AIR COOLER diklaim mampu menurunkan suhu ruangan hingga 5 derajat celcius, dengan cakupan area seluas 20 hingga 30 m2. Air Cooler ini juga dibekali dengan remote control, sehingga kamu tak perlu lagi berpindah posisi untuk sekedar menyalakan atau mematikan.

Dengan konsumsi daya sebesar 100 watt, ACE APA Air Cooler memiliki volume udara yang terbilang cukup tinggi.  Selain itu, Air Cooler ini dibekali tangki sebesar 10 liter, ukuran yang sangat besar mengingat harganya yang masih di bawah satu juta.

Bahkan tanpa memakai ice pack sekalipun, Air Cooler ini mampu memberikan sensasi dingin alami yang menyegarkan. Dengan mempertimbangkan harga miring dan performa yang oke, Air Cooler ini terasa cocok sekali bagi isi dompet milenial yang menginginkan kesejukan kamar di rumah ataupun kamar kosan.

AIR COOLER BOLDE SUPER COOL EVEREST


air cooler low watt
Produk keluaran Bolde ini memiliki desain yang sangat unik. Berbeda dengan Air Cooler kebanyakan, Bolde Super Cool Everest menggunakan desain tanpa bilah, dan udara dingin dikeluarkan dari saluran udara berbentuk lingkaran seperti cincin.

Meskipun begitu, saluran udara berbentuk lingkaran ini sangatlah aman, karena bagian motor dan kipas berada di bagian dalam unit. Oleh sebab itu, bila anak kecil dengan sengaja memegang bagian lingkaran sekalipun, tak akan terluka.

BOLDE SUPER COOL EVEREST menggunakan teknologi mutakhir MAX-G EVAPORATING pertama di Indonesia. Teknologi badak ini membuat udara sejuk yang dihasilkan semakin maksimal. Sesejuk nama Super Cool Everest yang berani mereka gunakan.

Untuk produk ini, Bolde mengklaim dapat mengeluarkan udara dengan kandungan iontech yang sangat bagus untuk kesehatan keluarga kamu. Selain itu, Bolde Super Cool Everest juga memakai teknologi yang mampu mengalirkan udara dengan stabil, menyebar, sejuk dan tanpa kelembaban.

BOLDE SUPER COOL EVEREST dibekali dengan sistem tiga sistem kecepatan udara yang standar digunakan pada Air Cooler. Selain itu, produk ini telah disematkan teknologi digital panel dan remote control.

Kemudian, Air Cooler buatan Bolde ini menggunakan motor senyap berdaya tinggi 80 watt dan kipas turbo berdiameter 16,4 cm, sehingga menghasilkan angin yang kuat, namun tak bising. Air Cooleer ini juga memiliki pengaturan sudut saluran udara hingga 40 derajat, fitur timer, tangki 4L, dan juga hemat energi.

KRISBOW EVAPORATIVE AIR COOLER 6L


air cooler low watt

KRISBOW EVAPORATIVE AIR COOLER 6L adalah Air Cooler yang bisa menjadi pilihanmu ketika ingin membeli Air Cooler. Karena Produk Krisbow ini memiliki aliran angin sejuk yang kencang serta dilengkapi dengan baterai rechargeable. Baterai rechargeable ini cukup oke bila terjadi pemadaman listrik di kawasan kamu tinggal.

Bila baterai dari Krisbow habis, kamu bisa melakukan pengisian daya selama 12-15 jam. Sekali charge, Krisbow Evaporative Air Cooler mampu bertahan selama 8 jam mode rendah, 5 jam mode sedang, dan 2 jam mode cepat.

Kapasitas memiliki cakupan area seluas 19 m2. Cocok ditempatkan di ruangan semacam kamar ataupun ruang tamu. Volume aliran udara juga cukup kencang, yaitu 579m3/h. Dimensinya juga cukup ramping 26x25x77 cm, dan memiliki bobot 5 kg saja.

AIR COOLER HONEYWELL TC10PM


air cooler low watt
Honeywell TC10PM adalah Air Cooler buatan Amerika Serikat yang terjangkau dan berkualitas. AZir cooler ini awet listrik mengingat hanya menggunakan daya listrik sebesar 40 watt. Meski watt yang digunakan kecil, namun performa yang dikeluarkan tak mengecewakan.

Produk Honeywell ini memiliki tangki air super besar, 15L. Dengan tangki sebesar itu, Honeywell bisa bertahan kurang lebih 10 jam. Meskipun begitu, cakupan area Honeywell tidak terlalu luas, yaitu hanya 9 m2. Jadi, lebih baik ditempatkan di kamar agar dingin yang dihasilkan terasa maksimal.

Volume udara juga terbilang rendah, hanya 330m3/h. Kisi-kisi udara bisa bergerak ke kanan maupun kiri. Honeywell memiliki tiga kecepatan yang bisa diatur, namun kamu tidak bisa mengaturnya dengan remote. Karena Honeywell tidak memberikan fitur remote control pada produknya tersebut. 

Kesimpulan


Jika ingin mendapatkan hawa sejuk seperti saat menggunakan AC, kamu bisa memilih air cooler. Harganya terjangkau dengan konsumsi daya kecil, tidak akan membuat dompet bolong dan tagihan listrik membengkak. Aie cooler bisa menjadi salah satu solusi untuk mendinginkan ruangan di cuaca panas seperti saat ini. Jadi, mau pilih air cooler atau AC nih?


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama