Apa Itu Gua Sha, Beauty Tools yang Lagi Banyak Dibahas dan Manfaatnya Untuk Kulit

apa itu gua sha

Beberapa waktu yang lalu, gua sha menjadi salah satu beauty tools yang viral karena aktris cantik Nikita Willy menggunakannya di dalam skincare routine-nya. Di video berdurasi 50 detik itu, Nikita Willy menjelaskan step by step cara menggunakan guasha. Ternyata, ia sering menggunakan alat ini setiap pakai skincare di malam hari. Wah, gak heran sih kalau kulit Nikita Willy sangat kencang dan glowing. Nah, sebenarnya apa itu gua sha dan apa saja manfaatnya akan kita bahas secara lengkap di artikel ini!

Tapi sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut, pernahkah kamu mendengar tentang gua sha sebelumnya? Kalau belum, kamu ada di tempat yang tepat! Mincun akan membahas tentang guasha secara lengkap, mulai dari apa itu gua sha, manfaat, hingga tips & trick memakainya. So, apakah kamu penasaran dengan beauty tools satu ini? Yuk simak terus artikel ini hingga selesai ya!

Apa itu gua sha

apa itu gua sha

Gua sha adalah salah satu alat kecantikan (beauty tools) yang biasanya terbuat dari batu giok. Alat ini memiliki fungsi untuk memijat area wajah, sehingga menjadi lebih rileks dan membantu melancarkan peredaran darah. Meskipun baru tenar selama beberapa tahun terakhir, tapi guasha sudah eksis sejak jaman China kuno lho!

Umumnya gua sha memiliki bentuk seperti hati dengan pinggiran yang melengkung dan pipih. Bagian ini umum digunakan untuk memijat area pipi, dahi, dan leher. Pada bagian atasnya membentuk dua lengkungan dengan space di tengah yang berfungsi untuk memijat area jawline.

Manfaat gua sha untuk wajah

manfaat gua sha

Alat kecantikan yang berfungsi untuk memijat wajah ini memiliki banyak manfaat bagi kulit, khususnya kulit wajah. Inilah beberapa manfaat gua sha untuk wajah yang wajib kamu ketahui.

1. Membuat wajah tampak kencang dan awet muda

Karena fungsi utamanya adalah untuk memijat, khususnya pada area wajah, gua sha sangat bermanfaat untuk membantu wajah terlihat kencang adan awet muda. Dengan rutin memijat kulit menggunakan guasha, peredaran darah menjadi lebih lancar dan dapat merangsang produksi collagen serta elastin. Keduanya bermanfaat untuk memberikan kelembapan alami untuk kulit wajah sekaligus membantu mengencangkan kulit.

2. Membantu penyerapan skincare

Gua sha umumnya digunakan untuk memijat kulit saat menggunakan skincare. Karena kulit menjadi lebih rileks, penggunaan guasha dapat membantu skincare lebih cepat terserap. Selain itu, guasha juga membantu meningkatkan performa skincare yang kamu gunakan lho!

3. Mempertegas kontur wajah sehingga terlihat lebih tirus

Jika kamu rutin menggunakan gua sha, kamu bisa mendapatkan wajah yang lebih tirus. Hal ini terjadi karena pemijatan berulang yang membantu untuk mempertegas kontur wajah, sehingga di beberapa bagian wajah, khususnya jawline dan pipi, akan terlihat lebih tirus dan kencang.

4. Membantu mengurangi kantung mata

Saat menggunakan gua sha, area mata menjadi salah satu bagian yang wajib untuk dipijat. Jika kamu rutin memijatnya dengan guasha, peredaran darah menjadi lebih lancar, sehingga tampilan kantung mata akan berkurang. Kamu bisa menggunakannya bersamaan dengan eye cream favoritmu lho!

Baca juga: 10 Rekomendasi Sleeping Mask Terbaik

Bagaimana cara memakai gua sha yang benar?

cara pakai gua sha

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu tahu nih bagaimana cara pakai gua sha yang tepat. Mincun akan membagikan teknik gua sha agar kulit kamu jadi makin kencang dan glowing. Teknik ini Mincun ambil berdasarkan tutorial dari Nikita Willy, ya! Bisa kamu terapkan di rutinitas skincare untuk mendapatkan kulit semulus Nikita Willy. Berikut beberapa cara pakai gua sha yang bisa kamu terapkan.

1. Selalu pakai face oil

Dalam video skincare routine-nya, Nikita menjelaskan bahwa ia selalu menggunakan double serum. Hal ini berguna untuk memberikan efek permukaan kulit yang lebih licin, sehingga memudahkan saat menggunakan gua sha pada kulit. Ia terlihat menggunakan face oil sebagai produk andalannya untuk memijat kulit menggunakan gua sha.

Kenapa sih pakai face oil penting sebelum pakai gua sha? Karena face oil dapat memberikan kelembapan ekstra pada kulit, sehingga membuat kulit lebih mudah dipijat. Penggunaan face oil ini juga dapat mengurangi iritasi akibat gesekan guasha yang kamu gunakan. So, jangan lagi pakai gua sha di kulit yang kering ya!

Bhumi Multi Targeted All Natural Adoring Face Oil

face oil bhumi

Jika kamu ingin mencoba face oil dari brand lokal yang bagus, produk dari Bhumi ini wajib kamu lirik! Pasalnya, face oil ini tidak hanya mengandung minyak, tetapi juga memiliki kandungan bahan lain yang bagus untuk kulit. Produk ini menggunakan rosehip oil, selain itu juga terdapat bahan seperti turmeric extract, lavender dan tea tree yang kaya manfaat bagi kulit.

Bio Beauty Lab Luxurious Face Oil

bio beauty lab face oil

Produk face oil viral dari Bio Beauty Lab ini juga tidak boleh kamu skip! Karena produk ini mengandung berbagai macam natural oil yang sangat bagus untuk kulit. Fungsi utama dari face oil Bio Beauty Lab ini adalah untuk melembapkan kulit. Meskipun hampir 100% mengandung minyak, produk ini dapat mengontrol produksi minyak di kulit dengan sangat baik lho!

Skintific Barrier Booster Facial Oil

skintific face oil

Nah, jika kamu pemula dalam dunia face oil, produk Skintific satu ini cocok untuk kamu pilih. Karena face oil Skintific ini punya tekstur yang ringan dan memiliki segudang manfaat untuk kulit, mulai dari melembapkan, menghidrasi, hingga menenangkan kulit. Tak heran sih kalau face oil skintific ini punya banyak fungsi, karena di dalamnya terdapat banyak bahan yang bagus untuk kulit, seperti ceramide dan 9 macam natural oil.

2. Teknik pijat pakai gua sha

Setelah mengoleskan serum atau face oil secara merata, selanjutnya Nikita menunjukkan beberapa gerakan memijat menggunakan gua sha. Ia memulai dengan memijat area pipi dan bawah mata dengan cara menarik kulit dari area hidung ke luar hingga mencapai area telinga. Kemudian, ia memijat area dagu mulai dari bagian dagu tengah hingga bagian luar wajah menuju telinga.

Setelah itu, ia beralih ke area dahi dengan memijat dari bagian tengah hingga ke atas mencapai area pelipis dan garis rambut. Kamu juga tidak boleh skip area leher. Untuk memijat area ini, kamu bisa menyesuaikannya dengan otot lehermu. Nikita memberikan tips singkat namun berguna untuk memijat area leher, yaitu dengan memastikan gua sha menempek pada kulit dengan posisi yang sedikit miring. Lakukan pijatan sebanyak 3-5 kali di setiap sisi.

True to Skin Jade & Rose Quartz Guasha

true to skin gua sha

Produk gua sha dari True To Skin ini terbuat dari batu giok asli dengan warna jade (hijau) dan rose quartz (pink). Memiliki 3 macam ukuran yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. True to Skin mengklaim bahwa produk ini dapat memberikan sensasi dingin dan membantu membuat kulit terlihat lebih kencang.

Oasea Gua Sha Tool

oasea gua sha

Gua sha dari Oasea ini juga terbuat dari 100% batu giok alami yang memiliki fungsi beragam bagi kulit. Produk ini sangat membantu untuk membuat kulit lebih kencang dengan pemakaian rutin. Guasha ini juga membantu melancarkan peredaran darah di area wajah sehingga membuat wajah terlihat lebih segar.

The Body Shop Facial Massager Rose Quartz Gua Sha Stone

the body shop gua sha

Brand personal care legendaris, The Body Shop, juga memiliki produk gua sha yang wajib kamu lirik! Bentuknya berbeda dari dua produk guasha lainnya, sehingga kamu bisa mendapatkan sensasi berbeda saat menggunakannya. Guasha ini terbuat dari giok rose quarz dengan warna pink yang menawan. Alat ini juga memiliki banyak fungsi bagi kulit, seperti untuk melancarkan peredaran darah serta menjaga kulit tetap segar dan kencang.

Atau kamu bisa cek panduan singkat pakai gua sha dari gambar di bawah ya! Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari penggunaan gua sha, kamu bisa mulai memijat wajah pakai gua sha secara rutin sebanyak 1-2 kali seminggu. Dengan menerapkan teknik gua sha yang tepat, kamu bisa mendapatkan hasil kult yang lebih kencang. Kamu bisa memakai produk yang kita rekomendasikan untuk menerapkan skincare routine ini!

teknik pakai gua sha

Apakah gua sha boleh dipakai setiap hari?

Sebaiknya gua sha dipakai seminggu 1-2 kali. Jika dipakai setiap hari, dikhawatirkan akan menyebabkan kulit iritasi akibat gesekan akibat pemijatan yang berlebihan. Dengan menggunakan gua sha secara rutin dan tidak berlebihan, kulitmu bisa menjadi lebih sehat, kencang, dan bercahaya.

Baca juga: Jadi Rahasia Kulit Mulus Orang Korea, Ini Berbagai Manfaat Sheet Mask yang Wajib kamu Tahu

Apa bedanya guasha dengan jade roller?

perbedaan gua sha dan jade roller

Secara fungsi, gua sha dan jade roller tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Kedua beauty tools ini berguna untuk memijat kulit agar kulit menjadi lebih kencang dan terawat. Perbedaan gua sha dan jade roller terletak pada bentuknya. Guasha umumnya memiliki bentuk yang pipih dan gampang digenggam, sedangkan jade roller memiliki desain yang lebih kompleks. Jade roller memiliki dua bagian batu yang dapat berputar dan alat ini bekerja lebih mudah daripada guasha.

Gimana nih, sekarang apakah kamu sudah tahu mengenai apa itu gua sha dan manfaatnya untuk kulit, kan? Setelah mengetahui lebih dalam tentang guasha, apakah kamu tertarik untuk menggunakan beauty tools ini dalam rutinitas skincare-mu? Coba komen di bawah ya!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama