Jadi Rahasia Kulit Mulus Orang Korea, Ini Berbagai Manfaat Sheet Mask yang Wajib kamu Tahu

manfaat sheet mask

Sheet mask adalah salah satu jenis masker paling populer selama satu dekade ini. Produk ini awalnya muncul dari tren Korean Beauty yang booming di Indonesia di awal tahun 2010-an dan bahkan masih ramai hingga saat ini. Nah, sheet mask ini bukan sembarang masker, lho! Banyak yang menyebut produk ini sebagai salah satu rahasia kulit mulus orang Korea. Kok bisa gitu? Ternyata karena sheet mask memiliki manfaat yang sangat beragam.

Tak seperti jenis masker lain, misal clay mask, yang hanya punya satu fungsi, manfaat sheet mask sangatlah banyak. Mulai dari melembapkan, mecerahkan, bahkan ada juga yang mengeksfoliasi kulit. Semua fungsi ini bisa kamu dapatkan dalam satu produk ajaib ini lho! Gimana, apakah kamu penasaran dengan produk yang jadi rahasia kulit mulus orang Korea yang satu ini? Yuk baca terus agar lebih tahu tentang sheet mask serta manfaatnya untuk kulit!

Pengertian sheet mask

Sheet mask merupakan masker yang berupa lembaran kain atau tisu. Berbeda dari masker lainnya, sheet mask memiliki cara pakai yang lebih mudah dan simple. Sheet mask umumnya mengandung serum atau essence yang memiliki banyak manfaat bagi kulit, seperti melembapkan, mencerahkan, hingga menutrisi kulit. Uniknya, semua manfaat ini bisa kamu dapatkan hanya dari satu produk.

Tak seperti masker lainnya yang perlu dibilas, sheet mask tidak perlu dibilas setelah digunakan. Karena masker ini mengandung cairan yang dapat kamu gunakan sebagai pengganti serum atau essence. Cairan ini mengandung berbagai bahan yang sangat bermanfaat bagi kulit.

Manfaat sheet mask

manfaat sheet mask

Sheet mask mengandung berbagai bahan yang bagus untuk merawat kesehatan kulit. Setiap bahan memberikan fungsi yang berbeda. Lalu apa saja manfaat sheet mask bagi kulit? Berikut ini beberapa benefit memakai sheet mask yang wajib kamu ketahui.

1. Melembapkan dan menghidrasi kulit

Salah satu fungsi utama dari sheet mask adalah melembapkan serta menghidrasi kulit. Karena rata-rata masker ini mengandung vitamin serta nutrisi yang membuat kulit lebih lembap. Bahkan ada beberapa sheet mask yang mengandung hyaluronic acid hingga peptide yang memang memiliki fungsi khusus untuk memberikan hidrasi pada kulit. Karena banyaknya kandungan bermanfaat yang bagus untuk kulit, sheet mask bisa menjadi salah satu pilihan produk skincare untuk merawat kulit kering. Produk sheet mask dengan kandungan pelembap sangat cocok bagi kamu yang sedang mencari sheet mask untuk kulit kering.

2. Mencerahkan kulit

Selain melembapkan, kebanyakan sheet mask juga memiliki fungsi mencerahkan. Masker ini umumnya mengandung bahan pencerah seperti Niacinamide. Tak hanya sheet mask, ahan ini bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai produk skincare lho! Niacinamide memiliki banyak fungsi, mulai dari mencerahkan, mengatasi jerawat dan kemerahan, hingga membantu merawat kulit berminyak. Sheet mask dengan berbagai kandungan pencerah dapat kamu pilih jika sedang mencari sheet mask untuk mencerahkan kulit.

3. Menenangkan kulit kemerahan

Jika kamu memiliki kulit berjerawat dan mudah mengalami kemerahan atau iritasi, sheet mask juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi problem kulitmu. Karena sheet mask juga memiliki manfaat untuk menenangkan kulit. Saat kulitmu mengalami kemerahan, kamu bisa memilih sheet mask dengan kandungan centella asiatica, ceramide, hingga niacinamide untuk mengurangi rasa tidak nyaman. Sheet mask dengan bahan-bahan ini sangat cocok untuk kamu yang sedang mencari sheet mask untuk kulit berjerawat.

4. Menutrisi kulit

Karena sheet mask sendiri memang sudah mengandung banyak nutrisi, masker ini juga memiliki manfaat untuk menutrisi kulit. Berbagai macam bahan tambahan seperti pomegranate, lemon, dan lain-lain dapat memberikan nutrisi lebih pada kulit. Seperti pomegranate yang kaya akan antioksidan, sehingga dapat menghalau efek buruk radikal bebas serta mencegah penuaan dini. Jika kamu sedang mencari masker yang menutrisi kulit, sheet mask bisa menjadi pilihan yang pas untukmu!

5. Membuat kulit lebih segar

Seperti pakai masker pada umumnya, sheet mask dapat membuat kulit terlihat lebih bersih dan segar. Bedanya, masker ini juga memberikan manfaat tambahan yaitu kulit yang lebih lembap dan glowing. Rutin memakai sheet mask dapat membuat tampilan kulit lebih sehat, sehingga bisa meningkatkan rasa percaya diri berkat kulit yang segar dan cerah.

Baca juga: 10 Rekomendasi Sunblock Terbaik Cegah Bahaya Sinar Matahari

Cara pakai sheet mask yang benar

Setelah mengetahui tentang berbagai manfaat sheet mask, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Jika iya, kamu wajib tahu nih bagaimana urutan memakai sheet mask yang benar. Nah, kita sudah merangkumnya untuk kamu berikut ini:

1. Bersihkan kulit sebelum pakai sheet mask

Sebelum pakai sheet mask, pastikan kulit sudah bersih. Untuk memastikan kulit bersih, jangan skip penggunaan double cleansing dan toner wajah. Manggunakan sheet mask di permukaan kulit yang bersih dapat membantu kinerja masker agar lebih optimal. Setelah memastikan kulit bersih, aplikasikan sheet mask di wajah dengan rapi. Usahakan untuk memilih sheet mask sesuai jenis kulit dan kebutuhan kulit agar dapat bekerja secara maksimal.

2. Gunakan pelembap setelah pakai sheet mask

Meskipun setelah pakai masker kulit terasa lebih terhidrasi dan lembap, sebaiknya tetap gunakan pelembap setelah menggunakan sheet mask. Moisturizer yang kamu gunakan akan mengunci kelembapan dari sheet mask agar tidak mudah menguap. Hal ini berguna untuk menjaga kelembapan kulit, sehingga kulit tidak akan cepat kering. Jika kamu merasa sheet mask yang kamu gunakan sudah cukup lembap, kamu bisa menggunakan moisturizer gel yang ringan, alih-alih menggunakan moisturizer cream yang lebih berat.

Kapan sebaiknya menggunakan sheet mask?

Sheet mask bisa kamu gunakan kapan saja, baik itu di malam hari, pahi hari, atau sebelum menggunakan makeup, Menggunakan sheet mask sebelum makeup akan membuat kulit lebih lermbap dan complexion lebih menempel, sehingga menciptakan hasil riasan yang halus dan natural. Nah, kamu juga bisa pakai sheet mask di malam hari untuk membuat kulit lebih sehat. Manfaat memakai sheet mask di malam hari adalah untuk memberikan kelembapan ekstra pada kulit yang diharapkan bisa bertahan hingga pagi hari.

Baca juga: Unik dan Penuh Warna, Ini Prediksi Tren Makeup 2024

Berapa kali sebaiknya menggunakan sheet mask?

Untuk frekuensi penggunaan sheet mask sebenarnya tidak ada patokan khusus, tapi ada baiknya jika kamu gunakan 2-3x seminggu. Selain dapat membuat kulit lebih sehat, menggunakan sheet mask 2-3x seminggu juga bisa membantumu menghemat budget. Karena harga sheet mask termasuk mahal jika dibandingkan dengan masker lainnya. Tapi jika kamu ingin menggunakan sheet mask sebagai perawatan kulit harian pun juga tak masalah. Kamu tetap akan mendapatkan hasil yang maksimal dari rutin menggunakan sheet mask.

Apakah boleh memakai sisa essence sheet mask?

Sheet mask umumnya memiliki kandungan serum atau essence yang melimpah. Mungkin banyak dari kamu yang bingung, essence ini harus diapakan supaya tidak sia-sia? Sebenarnya boleh gak sih kalau kita pakai sisa essence sheet mask? Nah, kamu bisa kok memakai sisa essence sheet mask tapi dengan catatan warna dan aromanya tidak berubah dan harus langsung dihabiskan. Tips dari Mincun, kamu bisa pakai sisa essence sheet mask di kulit tangan dan kaki untuk mendapatkan kelembapan dan nutrisi lebih. Pastikan untuk tidak menyimpan essence sheet mask terlalu lama karena dikhawatirkan kualitasnya akan menurun dan nutrisinya berkurang.

Gimana nih, setelah tahu tentang manfaat sheet mask dan seluk-beluknya, apakah kamu tertarik untuk menggunakan masker ini sebagai step perawatan kulitmu? Coba kasih tahu dong, kira-kira merk sheet mask mana yang jadi favorit atau wishlist-mu di kolom komentar ya!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama