11 Rekomendasi Tone Up Sunscreen Terbaik yang Cepat Memutihkan Wajah

tone up sunscreen

Selain memiliki fungsi utama melindungi kulit dari dampak sinar UV, seiring berkembangnya waktu, sunscreen juga diberi formula tambahan yang bisa memberi manfaat lain bagi penampilan.

Sunscreen yang kami maksud adalah tone up sunscreen. Apa itu tone up sunscreen? Tone up sunscreen adalah jenis tabir surya yang dirancang, tidak hanya untuk melindungi kulit dari sinar matahari, tetapi juga memberikan efek instan mencerahkan kulit. 

Sunscreen ini biasanya mengandung bahan-bahan seperti titanium dioxide, zinc oxide, atau bahan yang dapat memberikan tampilan kulit yang lebih cerah dan merata.

Perlu kamu ingat, bahwa efek memutihkan tone up sunscreen hanya bersifat instan dan sementara. Bila kamu ingin memiliki kulit yang cerah, bisa gunakan serum, pelempab, ataupun toner yang mencerahkan.

Cara Memilih Tone Up Sunscreen yang Tepat


Ketika memilih sunscreen yang memutihkan, pertama-tama penting untuk memperhatikan Sun Protection Factor (SPF) yang sesuai dengan kebutuhan perlindungan kulit kamu, dengan rekomendasi umum minimal SPF 30 atau lebih.

Selanjutnya, tinjau kandungan aktifnya; banyak tone-up sunscreen mengandung bahan-bahan seperti titanium dioxide, zinc oxide, vitamin C, atau ekstrak tumbuhan yang tidak hanya memberikan efek mencerahkan, tetapi juga merawat kulit.

Kamu bisa memmilih produk dengan label "Broad Spectrum" untuk menjamin perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB. 

Selain itu, sesuaikan dengan jenis kulit kamu. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, pastikan produk aman untuk jenis kulitmu ya supaya tidak iritasi.

Baca Juga: Review Racunin Shade Baru Lip Tint Murah Meriah yang Gemoy Abis, Implora Cheek & Lip Tint

Jika sudah tahu cara memiliki tone up tabir surya yang tepat, yuk disimak list 9 rekomendasi tone up sunscreen terbaik versi Tim Racunin. Tentunya, produk yang kamu pilih telah tersertifikasi BPOM sehingga aman digunakan sesuai petunjuk penggunaan.

1. You Sunbrella Tone Up Sunscreen SPF50+

tone up sunscreen terbaik

You Sunbrella Tone Up UV Elixir Sunscreen diklaim memberikan efek mencerahkan seketika dan cocok kamu gunakan sebelum makeup. Formulasinya mengandung Photosensitive Smart Powder untuk mencerahkan kulit dengan mengikuti warna asli kulit. Manfaat Bright spectrum-nya meliputi perlindungan sinar UVA, UVB, Infrared, Blue Light, dan Polusi. Cocok untuk semua jenis kulit.

2. Azarine Tone Up Mineral Sunscreen Serum SPF50+

azarine tone up sunscreen

Azarine tone up sunscreen diklaim memberikan perlindungan dan perawatan kulit dari sinar matahari, blue light, dan polusi. Formulasinya menggabungkan bahan aktif untuk beri tampilan cerah, melembabkan, dan menjaga kekenyalan kulit. Cocok untuk semua jenis kulit. Keunggulan lainnya yaitu, bebas alkohol, pewangi, dan mineral oil. Tanpa whitecast, memberikan efek tone up seketika, ringan, dan tidak lengket.

3. Biore UV Fresh and Bright

biore tone up sunscreen

Biore tone up sunscreen Fresh & Bright Instant diklaim memberikan perlindungan tinggi terhadap sinar UV A dan UV B. Efek coverage-nya menyamarkan pori-pori, berfungsi sebagai base makeup yang merata. Mengandung Niacinamide dan Vitamin E sebagai antioksidan, tanpa pewangi, tanpa efek white cast. Tahan air selama 80 menit, mudah dibersihkan dengan sabun. Tidak lengket, tetap lembap di kulit, dan memberikan kesan kulit cerah dan merata setelah penggunaan.

4. Nuface Sunscreen Cover Me Tone Up SPF50

nuface tone up sunscreen

Nuface tone up sunscreen mengandung 5 ekstrak tumbuhan alami, bertekstur ringan, dan cepat meresap. Melindungi kulit dari sinar UV A, B, dan Blue Light dari gadget. Memberikan kelembapan dan nutrisi, aman serta nyaman untuk aktivitas sehari-hari di dalam maupun di luar ruangan. Tersedia dalam tiga varian: Tone Up SPF50 PA+++, Tone Up SPF30 PA+++, SPF30 PA+++.

5. Skin Aqua Tone Up UV Violet

skin aqua tone up sunscreen

Skin Aqua Tone Up sunscreen UV Essence Violet adalah sunscreen dengan krim warna lavender,  yang mudah merata setelah di kulit, memberikan perlindungan UV dan koreksi warna. Teksturnya ringan dan tidak lengket. Manfaatnya diklaim meliputi perlindungan UV, kulit cerah dan berkilau, terasa segar dan lembab. Dapat digunakan sebagai makeup base dengan efek pearlizing, dan mengandung Hyaluronic Acid dan Vitamin C yang menutrisi kulit.

6. MISSHA All Around Safe Block Cotton Sun SPF50+

MISSHA All Around Safe Block Cotton Sun SPF50+

Sunscreen "Physical" ini aman untuk kulit sensitif, punya efek tone-up, tanpa whitecast, dan meratakan warna kulit secara alami. Suncreen ini mengandung bahan untuk mengontrol produksi minyak dan keringat, sehingga cocok sebagai dasar makeup, dan mudah bercampur dengan foundation. SPF50 dan PA+++ memberikan perlindungan hingga 8 jam terhadap sinar UV. Kaya akan Ceramide dan Panthenol yang melembapkan kulit.

7. Celebon Brightening Tone Up Cream

Celebon Brightening Tone Up Cream

Sunscreen ini punya bahan aktif ekstrak tanaman dan Niacinamide untuk memutihkan kulit, Sodium Hyaluronate & Adenosine untuk mengurangi kerutan dan menjaga kelembaban. Mengandung mineral seperti Zinc oxide dan/atau Titanium dioxide. Produk ini bekerja dengan menghalangi dan memantulkan sinar UV A & B, memberikan tekstur halus, efek memperbaiki kulit, dan mencerahkan kulit kusam secara alami.

8. Holika Holika Sun Cream Dewy Tone Up

Holika Holika Sun Cream Dewy Tone Up

Hybrid sunscreen dengan makeup base, mengandung kombinasi 6 ekstrak buah Fruits UV Shield, untuk perlindungan dan efek yang menenangkan. Teruji klinis tidak mengiritasi kulit. Diklaim memiliki keunggulan kombinasi Physical dan Chemical Sunscreen, yaitu memberikan efek cerah, tidak lengket, hasil Dewy, SPF 50+ PA+++, melembabkan kulit, mudah diratakan, dan tanpa tinggalkan whitecast.

9. Skin1004 Madagascar Centella Tone Up Sunscreen

skin1004 tone up sunscreen

Skin1004 tone up sunscreen dengan SPF50+ PA++++ untuk perlindungan UV yang kuat, tanpa oxybenzone dan octinoxate yang merusak laut. Produk ini juga bisa berfungsi sebagai serum, memberikan kelembapan, ringan, dan lembut tanpa rasa lengket. Mengandung ekstrak centella asiatica yang menyejukkan kulit. Dengan Ekstrak Bunga Nymphaea Alba, Ekstrak Daun Corchorus Olitorius, dan Ekstrak Hordeum Vulgare untuk menenangkan, mencerahkan, dan melembabkan kulit. Tanpa pewangi dan pewarna buatan, teruji klinis anti-iritasi, jadi aman untuk kulit sensitifmu.

10. d'Alba Waterfull Tone Up Sun Cream

d'alba tone up sunscreen review

d'alba tone up sunscreen adalah  Chemical & Physical Sunscreen yang bersertifikat VEGAN. Diklaim dapat melembabkan, melindungi dari sinar UV, dan mencerahkan kulit. Mengandung White Truffle dan Tocopherol untuk mengencangkan dan beri nutrisi untuk kulit. Diperkaya dengan Panthenol, Centella Asiatica Extract, Aloe Vera Leaf Extract, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Allantoin, dan Birch Sap untuk pink glow alami. Hybrid sunscreen dengan perlindungan maksimal dan tekstur ringan yang nyaman.

11. Innisfree Tone Up No Sebum Sunscreen SPF50+

Innisfree Tone Up No Sebum Sunscreen SPF50

Tabir surya tanpa sebum yang diklaim memiliki hasil matte, anti air, dan dapat mengontrol sebum berlebih. Efek tone-up dengan ekstrak centella dan teh hijau, menenangkan, melembapkan, dan mencerahkan kulit. Memiliki perlindungan sinar dengan kandungan mineral. UV Protection Cream yang mengandung filter mineral ini dapat memantulkan sinar UV sehingga bisa melindungi kulit kamu.

Sunscreen Apa yang Tidak Bikin Kusam?


Sunscreen yang tidak membuat kusam umumnya memiliki formula yang ringan, cepat meresap, dan tidak meninggalkan white cast. Produk dengan teknologi tone-up atau tinted sunscreen juga dapat memberikan efek mencerahkan dan menyamarkan noda tanpa menyebabkan kusam. 

Pastikan kamu memilih sunscreen dengan SPF yang memadai untuk perlindungan UV yang efektif. Produk dengan kandungan antioksidan dan bahan pelembap seperti hyaluronic acid juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah tampilan kusam. 

Jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen setiap hari, bahkan saat berada di dalam ruangan atau saat cuaca mendung.

Apa perbedaan physical dan chemical sunscreen?


Physical sunscreen menggunakan mineral seperti zinc oxide atau titanium dioxide yang bekerja dengan memantulkan sinar UV dari kulit. Produk ini dianggap cocok bagi kulit sensitif, tahan lama, dan aman untuk ibu hamil. Namun, beberapa produk mungkin akan meninggalkan white cast di kulit.

Sementara itu, chemical sunscreen mengandung senyawa kimia seperti avobenzone atau octocrylene yang diserap oleh kulit dan mengubah sinar UV menjadi panas yang dilepaskan. Kelebihannya meliputi tekstur yang ringan, tidak meninggalkan white cast, dan cocok untuk penggunaan sehari-hari di bawah makeup. Namun, beberapa orang dengan kulit sensitif mungkin mengalami iritasi.

Kesimpulan

Tone-up sunscreen adalah produk yang tidak hanya memberikan perlindungan dari sinar matahari, tetapi juga memberikan efek mencerahkan dan meratakan warna kulit secara instan.

Dengan keunggulan efek tone-up yang menyamarkan noda dan memberikan tampilan kulit cerah, tone-up sunscreen cocok untuk digunakan sebelum makeup.

Saat memilih produk, perhatikan kandungan aktif seperti niacinamide, vitamin C, dan ekstrak tumbuhan, serta pastikan produk memiliki SPF yang sesuai dengan kebutuhan perlindungan kulit.

Dengan pemilihan yang tepat, tone-up sunscreen dapat menjadi tambahan bermanfaat dalam rutinitas perawatan kulit dan perlindungan terhadap sinar UV. Sudah tahu ingin beli merk yang mana? 

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama