Penting, Ini Hal yang Wajib Kamu Tahu Tentang Body Lotion!

body lotion

Jika kamu sangat menjaga penampilan, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan body lotion. Produk body care ini merupakan salah satu item penting untuk menjaga kelebapan serta kesehatan kulit badan. Gak cuma itu, rutin menggunakan body lotion juga dapat membuat kulit lebih cerah, lho! Nah, untuk kamu yang belum familiar dengan apa itu body lotion serta apa saja manfaatnya untuk kulit, kamu wajib membaca artikel ini sampai selesai!

Pengertian Body Lotion

Bagi kamu yang bertanya-tanya apa itu body lotion? Yuk sini, Mincun jelaskan! Jadi, body lotion adalah salah satu produk perawatan tubuh yang fungsi utamanya untuk meembapkan kulit. Kamu juga dapat menyebut produk ini sebagai pelembap badan karena manfaatnya memang untuk memberikan kelembapan pada kulit badan.

Umumnya, produk body lotion sering disebut dengan nama handbody, karena juga berfungsi untuk memberikan efek lembap pada area tangan. Biasanya, body lotion punya kemasan yang besar dan harganya sangat terjangkau dibandingkan dengan pelembap wajah.

Kandungan Body Lotion

kandungan body lotion

Secara umum, body lotion memiliki berbagai jenis bahan yang memiliki fungsi berbeda bagi kulit. Seperti adanya Glycerin, Ceramide, Hyaluronic Acid, dll sebagai bahan pelembap, hingga Niacinamide atau Kojic Acid sebagai bahan pencerah. Dengan beragamnya kandungan bahan pada produk handbody lotion, kamu bisa memilih body lotion yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulitmu.

Baca juga: 10 Rekomendasi Parfum Wanita yang Wanginya Tahan Lama

Manfaat Body Lotion untuk Kulit

manfaat body lotion

Selain melembapkan, body lotion memiliki manfaat lain yang tidak kalah penting bagi kulit. Berikut beberapa manfaat body lotion yang wajib kamu ketahui.

1. Membantu mencerahkan kulit

Beberapa body lotion memang berfungsi untuk mencerahkan kulit. Biasanya, body lotion untuk mencerahkan kulit memiliki kandungan seperti Niacinamide, Glycolic Acid, Vitamin C, Kojic Acid, dan masih banyak lagi. Dengan pemakaian rutin, body lotion dengan kandungan pencerah ini dapat membuat tampilan kulit lebih cerah.

Jenis body lotion ini sangat cocok untuk kamu yang punya masalah kulit kusam, karena dapat membuat kulit jadi lebih cerah. Selain itu, ada juga body lotion dengan efek tone up yang memberikan efek cerah instan, sangat cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan hasil putih seketika.

2. Melembapkan serta menghaluskan kulit

Karena fungsi body lotion adalah melembapkan kulit, biasanya terdapat berbagai kandungan pelembap di dalamnya, seperti Glycerin, Vitamin E, dan lainnya. Gak cuma memberikan kelembapan, bahan-bahan ini juga dapat menghaluskan kulit lho!

Handbody lotion dengan berbagai bahan pelembap ini sangat cocok untuk kamu yang punya kulit kering. Bisa juga untuk kamu gunakan sebagai pelembap badan jika kamu bekerja di ruangan ber-AC. Dengan rutin pakai body lotion yang melembapkan kulit, kamu bisa mendapatkan kulit badan yang lebih sehat dan terawat.

3. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Untuk kamu yang sering beraktivitas outdoor dan banyak terpapar sinar matahari, gak usah khawatir! Karena kamu bisa mengandalkan body lotion untuk melindungi kulitmu dari efek buruk sinar UV. Caranya, kamu hanya perlu memilih produk body lotion yang mengandung SPF. Meskipun belum banyak produk body lotion yang menawarkan fitur ini, tapi kamu bisa cek beberapa brand besar yang memang sudah memiliki body lotion dengan kandungan SPF, seperti Nivea, Vaseline, Marina, dan masih banyak lagi.

4. Memberikan nutrisi pada kulit

Karena body lotion mengandung berbagai macam jenis bahan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, produk ini bisa memberikan nutrisi lebih pada kulitmu. Dengan rutin menggunakan body lotion, kulit akan lebih ternutrisi dan sehat, menjadikan kulit terlihat menawan dan bebas kusam.

Kapan sebaiknya menggunakan body lotion?

kapan pakai body lotion

Body lotion bisa kamu gunakan kapan saja saat kamu butuhkan. Tapi ada beberapa waktu tertentu yang dianggap paling ideal saat mengaplikasikan body lotion dan bisa kamu simak berikut ini.

1. 3 menit setelah mandi

Mungkin tidak banyak yang tahu kapan waktu paling ideal untuk mengaplikasikan body lorion setelah mandi. Nah, Mincun ada sedikit bocoran nih mengenai kapan sih waktu yang paling oke untuk pakai body lotion? Kamu bisa pakai body lotion tepat setelah mandi, atau maksimal 3 menit setelah mandi. Hal ini sangat direkomendasikan karena kulit masih lembap dan pori-pori sedang dalam keadaan terbuka. Sehingga kandungan nutrisi pada body lotion dapat terserap dengan baik saat kamu gunakan sesaat setelah mandi.

Gak cuma itu, rutin pakai body lotion 3 menit setelah mandi juga dinilai dapat membuat kulit terlihat lebih cerah, lho! Wah, jadi kami bisa dapat 3 manfaat cuma dengan mengaplikasikan body lotion di waktu yang tepat!

2. Malam hari sebelum tidur

Untuk menjaga kulit agar tetap lembap saat tidur, ada baiknya kamu juga pakai body lotion di malam hari. Dengan rutin mengaplikasikan handbody lotion di malam hari sebelum tidur, kulit akan menjadi terjaga kelembapannya hingga pagi hari. Jadi, gak akan ada drama kulit kering lagi deh!

3. Saat berada di tempat yang dingin dan kering

Jika kamu sedang berada di ruangan yang ber-AC, pasti kamu sering merasa kulit menjadi cepat kering, kan? Nah, ini saat yang tepat untuk mengaplikasikan body lotion untuk menjaga kelembapan kulitmu agar tidak hilang. Selain itu, kamu juga bisa mengaplikasikan handbody lotion saat berada di tempat yang dingin dengan rutin untuk menjaga kulit agar tetap lembap.

4. Setelah bercukur atau waxing

Setelah melakukan proses shaving atau waxing, kulit akan menjadi kering, rentan iritasi, dan pori-pori menjadi lebih lebar. Kamu bisa mengaplikasikan body lotion di waktu ini untuk mencegah timbulnya kemerahan akibat waxing atau shaving, sekaligus menjaga kulit supaya tetap lembap. Karena pori-pori sedang terbuka lebar, nutrisi pada body lotion juga dapat terserap dengan baik di waktu ini lho!

5. Setelah mencuci tangan

Pernahkah kamu merasa kulit menjadi lebih kering setelah mencuci tangan? Jika tidak diatasi, kulit bisa menjadi kasar dan kusam. Untuk itu, mengaplikasikan body lotion setelah mencuci tangan dinilai sangat ideal karena dapat mencegah kekeringan pada kulit. Agar nyaman, kamu bisa menggunakan handbody lotion dengan tekstur yang ringan, atau juga bisa pakai hand cream yang memang diformulasikan khusus untuk merawat area tangan.

Apakah boleh memakai body lotion setiap hari?

Untuk menjaga kulit badan agar tetap lembap dan sehat, kamu bisa mengguinakan body lotion setiap hari. Bahkan, kamu bisa mengaplikasikan pelembap badan ini setiap kamu membutuhkannya. Dengan efek lembapnya yang bagus, kamu bisa menjadikan handbody lotion sebagai pilihan untuk menjaga area kulit badan agar tetap terhidrasi dan lembap.

Cara pakai body lotion yang tepat

cara pakai body lotion

Agar produk body lotion yang kamu gunakan dapat bekerja maksimal, kamu bisa simak cara pakai body lotion yang sudah Mincun rangkum berikut ini.

1. Aplikasikan di kulit yang lembap

Saat kulit lembap, pori-pori biasanya sedang terbuka sehingga dapat menyerap nutrisi dan kelembapan dengan lebih baik. Kamu bisa mengaplikasikan body lotion saat kulit dalam keadaan lembap untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sebaiknya, gunakan setelah mandi di saat kulit belum sepenuhnya kering.

Jika kamu menggunakan body lotion di kulit yang kering, maka kelembapannya tidak akan awet, sehingga kamu perlu berkali-kali re-apply agar kulit tetap lembap. Selain itu, nutrisi juga tidak akan langsung masuk ke dalam pori-pori karena sudah mulai tertutup.

2. Pastikan sudah meresap sempurna

Sebelum memulai beraktivitas setelah mengaplikasikan handbody lotion, sebaiknya pastikan apakah produk yang kamu gunakan sudah meresap sempurna. Jika produk belum meresap, akan menimbulkan banyak dampak buruk, seperti produk tidak akan bekerja efektif, hingga mengganggu kenyamanan.

Body lotion yang tidak menyerap sempurna akan menimbulkan rasa lengket dan licin pada kulit. Hal ini dapat mengganggu kenyamanan saat beraktivitas. Untuk itu, pastikan lotion yang kamu gunakan sudah meresap sepenuhnya ya!

3. Gunakan ulang jika terkena air atau keringat

Saat kulit terkena air atau keringat, biasanya body lotion akan luntur dan berkurang kelembapannya. Untuk menjaga agar kulit tetap lembap, kamu bisa re-apply handbody lotion saat terkena air atau keringat.

Apa perbedaan body lotion dan body serum?

perbedaan body lotion dan body serum

Jika selama ini kamu pernah menemukan produk body serum, pasti kamu bertanya-tanya, apa sih perbedaan body serum dan body lotion? Nah, Mincun akan menjelaskan secara singkat mengenai perbedaan kedua produk pelembap badan ini secara singkat untuk kamu!

Perbedaan body serum dan body lotion terletak pada bagian tekstur dan kandungan bahannya. Umumnya, body lotion memiliki tekstur seperti losion yang mungkin agak terasa berat di beberapa jenis kulit, dengan fungsi utamanya sebagai pelembap kulit badan. Sedangkan body serum memiliki tekstur yang jauh lebih ringan dan cocok untuk semua jenis kulit. Tak hanya tekstur, body serum juga mengandung bahan premium yang dapat memberikan fungsi lebih dari sekedar melembapkan kulit, seperti mencerahkan kulit, melindungi kulit dari penuaan dan radikal bebas, dan lain sebagainya.

Dari segi harga, body serum memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan produk body lotion pada umumnya. Karena kandungan bahannya yang bagus untuk mengatasi berbagai masalah kulit, banyak yang mengganggap body serum lebih worth to try daripada body lotion.

Baca juga: 11 Rekomendasi Obat Totol Jerawat Paling Ampuh

Body lotion apa yang bagus untuk memutihkan kulit?

body lotion memutihkan kulit

Untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah, kamu bisa menggunakan produk handbody lotion dengan kandungan pencerah seperti Niacinamide, Kojic Acid, Vitamin C, dan masih banyak lagi. Selain menggunakan body lotion dengan kandungan pencerah, kamu juga harus rutin memberikan perlindungan pada kulit dari sinar matahari dengan menggunakan sunblock.

Tapi jika kamu suka dengan body lotion yang memutihkan kulit dengan instan, kamu bisa mencoba produk tone up body lotion. Efek tone up pada produk ini akan memberikan efek putih instan dan membuat tampilan kulit lebih cerah. Body lotion jenis ini sangat cocok untuk kamu yang tidak pede dengan kulit kusam dan gelap.


25 Komentar

  1. wah menarik banget artikelnya kak, jadi makin tau lebih detail tentang body lotion dan tau perbedaannya dengan body serum hihi

    BalasHapus
  2. Makasih sharingnya. Rutin membuat kulit semakin cerah dan gak kering

    BalasHapus
  3. Dulu aku sekadar kenal body lotion. Body care apapun yang dipakai di tubuh setelah mandi namanya body lotion. Entah sekarang jadi banyak jenisnya macam body lotion, body serum, body cream, dll. Makin bingung pilih yang mana, hehe

    BalasHapus
  4. Mungkin krn sejak kecil dibiasain mama pake body lotion, bahkan dulu ga boleh kluar rumah kalo babysitterku blm make in body lotion ke aku dan adik, jadinya skr udah sangaaat terbiasa pakai. Dan bahkan langsung berasa ga enak kalo sampe skip body lotion mba.

    Berasa bgt kering dan gatel di kulit. Karena udah terbiasa tadi.

    Beberapa temen ada yg ga suka pake.. Katanya lengket gerah.

    Menurutku sih krn mereka blm nemuin yg sesuai kulit, daaan memang ga biasa pake 😄. Pdhl bagus bgt buat kulit utk ttp terasa lembab dan kencang

    BalasHapus
  5. Menarik banget bahasannya + lengkap pula! Dari manfaat sampai tips pakai pun ada. Sekarang jadi lebih tahu deh tentang body lotion😆

    BalasHapus
  6. Kalo dulu aku blm paham bgt ternyata body lotion sepenting itu buat kulit, tapi skg tiap hari rasanya ada yg kurang kalo ga pake hehe. Bener2 body lotion ngaruh bgt utk kelembapan kulit, apalagi yg tiap hari harus terus2an di ruangan ber AC, kalo ga pake lotion duh keringnya kebangetan

    BalasHapus
  7. Aku nich kadang suka skip pake body lotion, tapi baru keinget cwe kan keliatan tua nya di tangan, nah lowhh langsung jadi rajin pake DECH tiap hari

    BalasHapus
  8. Makasih info nya bermanfaat banget. Aku jg skrg agak ke skip trus pakai lotion padahal penting ya. Apalagi kulitku kering dan dermatitis. Aku jg lotion nya gbisa yg untuk mencerahkan.

    BalasHapus
  9. Menarik banget ini materinya lengkap, ternyata selama ini aku salah pake body lotion di bagian akhir setelah makeupan pantesan aja produk jd kurang maksimal

    BalasHapus
  10. Jadi langsung pengen beli body lotion. Soalnya kulit aku butuh banget kayaknya. Makasih buat sharingnya kak.

    BalasHapus
  11. Jadi pengetahuan banget ini kalau mau beli dan pakai body lotion 😍 akhirnya ketemu juga artikelnya 😍😍

    BalasHapus
  12. Aku jarang sekali beli body lotion, bahkan pernah beli tapi jarang aku gunakan. Setelah baca tulisan ini, aku sadar ternyata penting juga body lotion untuk diri kita

    BalasHapus
  13. Aku jarang sekali beli body lotion, bahkan pernah beli tapi jarang aku gunakan. Setelah baca tulisan ini, aku sadar ternyata penting juga body lotion untuk diri kita

    BalasHapus
  14. Ternyata body lotion itu bagus digunakan pada malam hari dan setelah cuci tangan juga ya kak, untuk menjaga kelembapan kulit. Noted banget

    BalasHapus
  15. Aku kira pake lotion kalo udah kelar mandi doang🤣 ternyata kurang ya. Mau coba deh paktekin tipsnya biar kulit ku makin lembut

    BalasHapus
  16. Bener bgt habs apply lagsung buat cuci piring dan keringetan lotion langsung ilang sedih bgt, brrti harus reapply ya

    BalasHapus
  17. Betul kak dengan pemakaian rutin, body lotion dengan kandungan pencerah ini dapat membuat tampilan kulit lebih cerah ya

    BalasHapus
  18. Paling sering pakai lotion saat abis mandi sana setelah sholat. Kalau mau tdur jarang bgtt. Rutuninn ahhh

    BalasHapus
  19. Paling sering pakai lotion saat abis mandi sana setelah sholat. Kalau mau tdur jarang bgtt. Rutuninn ahhh

    BalasHapus
  20. Aku emang lagi cari-cari produk body lotion, abis baca2 inj jadi tercerahkan harus beli produk yg kek gimana.thx kak infornya ☀️

    BalasHapus
  21. Pakai body lotion ternyata memang perlu rutin dipakai biar hasilnya kentara. Sekarang jadi tahu deh kapan waktu pemakaian yang tepat. Siip Kak.

    BalasHapus
  22. Selesai mandi pakai body lotion itu seger banget mbak. Apalagi kalau memang cocok di kulit dan mampu memberi kelembaban pada kulit.

    BalasHapus
  23. Ya Allah, pantes saja kalau kulitku kek sisik ular. Saya jujur saja nggak pernah pakai body lotion apalagi body serum. Tahu begitu banyak manfaatnya, kok nyesel ya nggak pernah pakai body lotion. dan body serum.

    BalasHapus
  24. Setiap hari rutin pakai body lotion karena kulitku cenderung kering. Biasanya sekali pakai saja di pagi hari setela mandi.

    BalasHapus
  25. Setuju sih pakai body lotion buat aku malah jadi habit yang ga oerlu diingat lagi , jadi udah otomatis kepake terus tiap hari , stok lotion pun ga pernah kosong saking sudah terbiasa

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama