10 Rekomendasi Teh Tubruk Terbaik, Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan Kulit

teh tubruk terbaik

Sedang ingin memulai kebiasaan minum teh tubruk, Sobat Racun?  Wah, keren. Mincun sangat mendukung keputusanmu itu. Tapi apakah kamu sudah tahu ingin beli teh tubruk terbaik yang mana? Sudah tahu merk teh tubruk yang enak?

Kalau kamu belum tahu dan masih ragu-ragu  memilih merek teh tubruk yang enak, yuk simak rekomendasi dari kami biar tak salah beli merk teh tubruk yang enak.

Teh tubruk adalah jenis teh khas Indonesia yang daunnya diseduh langsung dengan air panas, bisa pula ditambahkan gula untuk menambah rasa manis. Kemudian, teh disaring, sehingga hanya menyisakan air teh yang memiliki cita rasa kuat dan khas.

Teh tubruk biasa dijual di kedai angkringan pinggir jalan hingga restoran. Minuman ini tergolong versatile. Humble bila dikonusmsi di angkringan, tapi juga bisa punya value klasik bila diminum di cafe atau restoran dengan cara penyajian yang proper.

Selain nikmat, teh tubruk juga punya segudang manfaat loh untuk kesehatan kulit. Berikut ini manfaat baik teh tubruk bagi kulitmu.

Manfaat Teh Tubruk untuk Kulit

1. Antioksidan

Manfaat teh tubruk yang pertama adalah membantu melawan radikal bebas dan melindungi kulit dari kerusakan karena teh mengandung antioksidan, seperti polifenol.

2. Anti-Penuaan

Kandungan antioksidan dalam teh dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan kulit, seperti garis halus dan kerutan.

3. Reduksi Peradangan

Senyawa anti-inflamasi dalam teh dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit, membantu mengatasi kondisi kulit tertentu.

4. Hidrasi

Minum teh, terutama teh herbal, dapat memberikan kontribusi pada asupan cairan harian, menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembap.

5. Mengurangi Jerawat

Manfaat teh tubruk yang terakhir adalah mengurangi jerawat. Jenis teh hijau diketahui memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi jerawat dan masalah kulit lainnya.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik untuk Memutihkan Kulit

Jika sudah mengerti berbagai manfaat teh tubruk untuk kesehatan kulitmu, yuk segera deh dimulai rutinitas minum teh di rumah. Dan juga silakan disimak daftar 10 rekomendasi teh tubruk terbaik versi Tim Racunin untuk kamu.

1. Tong Tji Premium Jasmine Tea

Teh tubruk terbaik

Merk teh tubruk yang enak pertama adalah Tong Tji. Tong Tji merupakan pabrikan teh yang sudah eksis dari tahun 1938 dan menjadi legenda hidup dunia teh Indonesia. Tong Tji memiliki aroma wangi melati yang menenangkan dan rasa sepat pahit yang seimbang. Nikmat diseduh dengan atau tanpa gula.

2. Teh Gopek 

Teh tubruk terbaik

Teh Gopek adalah teh yang diproduksi di  Kota Slawi, Jawa Tengah. Nama GOPEK adalah singkatan dan memiliki makna dari pucuk daun teh yang bagus, yaitu: Golden Orange PEKoe. Teh ini diracik menggunakan teh hijau dan melati. Rasanya sedikit sepat dan punya aroma wangi yang sedap.

3. Teh Kepala Jenggot

Rekomendasi teh tubruk terbaik

Merk teh tubruk yang enak selanjutnya adalah teh dari kota Solo. Diproduksi oleh PT. Gunung Subur Sejahtera. Kepala Jenggot menguarkan aroma wangi melati yang cukup kuat, sehingga memberikan efek yang menenangkan. Teh dengan tipe yang ringan ini cocok kamu seduh di sore hari.

4. Teh Poci

Rekomendasi teh tubruk terbaik

Teh poci menggunakan pucuk daun teh hijau berkualitas dari perkebunan teh di Tegal. Teh yang diproduksi oleh PT. Gunung Slamat ini diracik bersama melati sehingga menciptakan aroma wangi dari bunga dan sepat dari teh. Cocok dinikmati saat sedang sendiri maupun bersama keluarga.

5. Teh Gardoe

Merk teh tubruk yang enak

Teh Gardoe adalah te yang bersalah dari kota Solo. Kota yang terkenal dengan penyajian GINASTEL atau Legi-Panas-Kenthel, artinya manis, panas, dan kental. Diproduksi oleh PT. Gunung subur, untuk memenuhi kebutuhan teh melati yang wangi dan nikmat khas Solo.

6. Teh Bendera

Merk teh tubruk yang enak

Teh Bendera adalah merk teh tubruk yang enak ini diracik menggunakan daun teh pilihan. Rasanya yang enak dan khas menjadikan teh ini sangat populer di pulau Sumatera. Teh Bendera sudah eksis dalam memanjakan para penikmat teh Indonesia sejak tahun 1978. 

7. Teh Bandulan

Merk teh tubruk yang enak

Teh Bandulan adalah teh yang diracik dengan menggunakan perpaduan pucuk daun teh terbaik dan bunga melati kering asli. Teh bandulan memiliki rasa sepat yang khas dan aroma melati yang lembut, membuat teh ini nikmat diseduh sewaktu pagi maupun malam hari.

8. Teh Jawa Premium

Teh tubruk jawa

Teh Jawa Premium adalah produk terbaik dari merek Teh Jawa yang sudah terkenal di market teh Indonesia. Diracik menggunakan daun teh dan bunga melati pilihan dari perkebunan teh di Indonesia. Teh Jawa memiliki aroma teh yang wangi dan rasa sepatnya yang khas dan nikmat.

9. Teh Gunung Mas

Teh tubruk

Teh Gunung Mas adalah teh yang diproduksi oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII, yang merupakan Badan Usaha Milik Negara. Teh Gunung Mas diproduksi memakai teh berkualitas dari kawasan pegunungan di Jawa Barat. Cocok diseduh saat berkumpul dengan keluarga dan ditemani dengan camilan manis.

10. Teh Prendjak

Teh prendjak

Berbeda dari teh lainnya yang diproduksi di jawa, Teh Prendjak adalah teh yang yang diproduksi di Tanjung Pinang, Riau. Bahan bakunya, didapat dari perkebunan teh di Jawa Barat, Sumatera Barat, Sumatera Utara. Dibuat dari bahan teh yang berkualitas, sehingga menghasilkan aroma yang wangi dan terjamin mutunya. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Eyeliner Warna Warni Terbaik untuk Riasan Mata yang Lebih Berwarna

Cara Menyimpan Teh Tubruk Agar Awet dan Tidak Rusak

Untuk menyimpan teh tubruk agar tidak cepat berjamur, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Simpan di Wadah Rapat

Pindahkan teh tubruk ke wadah kedap udara setelah membuka kemasan aslinya. Wadah kedap udara membantu mencegah kelembaban yang dapat menyebabkan jamur.

2. Hindari Paparan Udara

Jauhkan teh tubruk dari paparan udara yang berlebihan. Penyimpanan dalam wadah kedap udara dan tanpa paparan langsung udara dapat membantu menjaga keaslian rasa dan aroma teh.

3. Tempat yang Sejuk dan Gelap

Simpan teh tubruk di tempat yang sejuk dan gelap, seperti lemari atau ruangan yang tidak terpapar sinar matahari langsung. Cahaya matahari dapat memengaruhi kualitas teh.

4. Jauhkan dari Panas dan Suhu Ekstrem

Hindari penyimpanan teh tubruk di tempat yang panas atau suhu ekstrem. Suhu yang tinggi dapat merusak kualitas teh dan mempercepat pertumbuhan jamur.

5. Hindari Kontaminasi

Pastikan wadah penyimpanan dan sendok yang digunakan bersih. Hindari kontaminasi dari benda asing yang dapat memicu pertumbuhan jamur.

6. Pantau Kondisi Teh

Periksa secara berkala kondisi teh tubruk. Jika ada tanda-tanda kelembaban atau keberadaan jamur, segera hilangkan bagian yang terkena dan pertimbangkan untuk memindahkan teh ke wadah baru.

8. Tutup Rapat Wadah

Pastikan wadah penyimpanan teh tubruk selalu tertutup rapat setelah penggunaan. Hal ini membantu mencegah masuknya udara dan kelembaban yang dapat merusak kualitas teh.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat menjaga teh tubruk agar tetap segar dan menghindari pertumbuhan jamur yang tidak diinginkan.

Berapa Lama Menyeduh Teh Tubruk?

Untuk menyeduh teh tubruk, biasanya cukup 3-5 menit di air yang mendidih. Waktu menyeduh dapat disesuaikan dengan preferensi kekuatan rasa teh yang diinginkan. Semakin lama teh diseduh, maka rasa pahit dan sepat dari teh akan semakin kuat dan menjadi lebih kental.

Langkah-langkah Membuat Teh Tubruk Terbaik

Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk membuat teh tubruk:

1. Persiapkan Bahan

   - Teh tubruk secukupnya (biasanya 1-2 sendok teh per gelas)

   - Gula pasir (jika diinginkan)

   - Air bersih

2. Rebus Air

   - Panaskan air hingga mendidih.

3. Masukkan Teh dan Gula

   - Setelah air mendidih, masukkan teh tubruk ke dalam air panas. Jika suka manis, tambahkan gula pasir sesuai selera.

4. Aduk Rata

   - Aduk teh dan gula hingga tercampur rata dalam air panas.

5. Biarkan Terseduh

   - Biarkan teh terseduh selama 3-5 menit. Waktu ini dapat disesuaikan dengan kekuatan rasa teh yang diinginkan.

6. Saring Teh

   - Setelah direbus, saring teh tubruk untuk memisahkan ampas dan mendapatkan cairan teh yang jernih.

7. Tuangkan ke Gelas

   - Tuangkan teh tubruk yang sudah disaring ke dalam gelas. Dan nikmati selagi hangat.

Kesimpulan

Memulai kebiasaan minum teh tubruk dapat memberikan pengalaman yang positif dan manfaat teh tubruk bagi kesehatan kulit. Dengan berbagai pilihan merek teh tubruk terbaik yang direkomendasikan, penggemar teh dapat menikmati keunikan setiap jenis teh dengan aroma dan rasa yang beragam. 

Selain kenikmatan rasanya, teh tubruk juga diketahui memiliki manfaat antioksidan, anti-penuaan, reduksi peradangan, hidrasi, dan pengurangan jerawat untuk kesehatan kulit. Segera mulai rutinitas minum teh di rumah dan nikmati kelezatan serta manfaatnya. 

Kalau favorit Mincun sejauh ini ya nomor 8. Secara, dari aroma melatinya yang medhok dan rasa sepetnya yang khas, bikin ketagihan nyeduh terus-terusan. Kalau kamu, sudah tahu ingin beli yang mana? Atau punya merk teh tubruk terbaik andalan? Yuk berbagi di komentar. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama