Cara Memilih Cleanser Sesuai Jenis Kulit + Rekomendasi Produk, Biar Gak Bingung Lagi Pas Milih Cleanser!

Seperti yang sudah kita tahu, cleansing merupakan salah satu step paling penting dalam skincare. Membersihkan wajah menggunakan cleanser (pembersih wajah) yang tepat, akan sangat membantu untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Tapi tahu gak sih kalau masih banyak orang yang masih bingung dalam memilih cleanser?

Jika kamu termasuk salah satunya, jangan khawatir! Karena Mincun akan memberikan panduan singkat dalam memilih cleanser sesuai jenis kulit yang bisa kamu terapkan. Yuk baca terus artikel ini sampai akhir agar kamu bisa mendapatkan cleanser yang sesuai dengan jenis kulitmu!

1. Cara memilih cleanser untuk kulit berminyak

Apakah kulitmu sering terlihat mengkilap dan terasa greasy? Bisa jadi kamu punya jenis kulit berminyak! Memilih cleanser untuk kulit berminyak ternyata tidak semudah itu lho! Kenapa demikian?

Karena jika cleanser yang kamu pilih terlalu kering, atau membuat kulit kering kesat, malah membuat kulit semakin berminyak. Hal ini terjadi karena kurangnya kelembapan di kulit, sehingga kulit akan mengeluarkan minyak untuk memberikan kelembapan.

Sebaiknya, tetap pakai cleanser yang memberikan rasa lembap setelah dibilas. Tapi lembapnya jangan yang berlebihan agar tidak terasa lengket di kulit. Cleanser dengan rasa lembap yang pas akan terasa nyaman di kulit yang berminyak.

Kamu juga bisa memilih cleanser berdasarkan bahannya. Untuk kulit berminyak, kamu bisa melirik cleanser dengan kandungan Salicylic Acid atau Tea Tree Oil. Kedua kandungan ini memiliki fungsi yang bagus untuk membersihkan kulit. Tak hanya membuat kulit bersih, tetapi juga bebas dari jerawat.

Rekomendasi produk:

Cosrx Low pH Good Morning Gel Cleanser

Kenapa harus pilih Cosrx Low pH Good Morning Gel Cleanser untuk kulit berminyak? Selain dapat mengurangi bakteri penyebab jerawat, cleanser ini juga dapat membersihkan kulit dengan lembut. Tidak akan menimbulkan rasa kering atau berminyak pada kulit. Cleanser ini juga dapat digunakan oleh pemilik kulit kering dan sensitif.

Dermies Clear Me Facial Wash

Kenapa harus pilih Dermies Clear Me Facial Wash untuk kulit berminyak? Cleanser ini mengandung berbagai bahan antibakteri yang juga membantu untuk membersihkan wajah serta minyak berlebih. Sangat cocok untuk kulit berminyak dan dapat menjaga kulit dari bakteri penyebab jerawat. Produk ini memiliki formula pH balance, sehingga tidak akan membuat kulit terlalu kering setelah mencuci muka.

2. Cara memilih cleanser untuk kulit kering

Kebalikan dari kulit berminyak, kamu membutuhkan cleanser yang melembapkan agar kulit keringmu tidak makin kering dan iritasi. Kamu harus bisa memilih cleanser yang nyaman di kulit.

Untuk kulit kering, sebaiknya pilih cleanser yang mengandung bahan pelembap, seperti Hyaluronic Acid atau Ceramide yang bagus untuk menjaga kelembapan kulit. Hindari cleanser dengan kandungan yang dapat menyebabkan kulit kering, seperti alkohol.

Rekomendasi produk:

Skintific 5X Ceramide Low pH Cleanser

Kenapa harus pilih Skintitic 5X Ceramide Low pH Cleanser untuk kulit kering? Cleanser best seller Skintific ini mengandung 5 jenis Ceramide yang berfungsi untuk memberikan rasa lembap serta menjaga skin barrier agar tetap sehat. Produk ini tidak akan memberikan rasa kering pada kulit setelah cuci muka, malah memberikan rasa lembap dan membuat kulit tetap nyaman.

Wardah Hydra Rose Gel to Foam Cleanser

Kenapa harus pilih Wardah Hydra Rose Gel to Foam Facial Cleanser untuk kulit kering? Produk ini memiliki tekstur gel dan akan berubah menjadi foam yang lembut saat dibusakan. Di dalamnya terdapat kandungan 72 Hours Hydrating Active dan Avalanche Rose Oil yang membantu untuk melembapkan sekaligus memberikan nutrisi pada kulit. Cleanser ini bagus untuk membersihkan sisa kotoran yang menempel di kulit dan tidak menimbulkan rasa kering setelah dibilas.

3. Cara memilih cleanser untuk kulit sensitif

Berbeda dari kulit kering, kulit sensitif memerlukan perawatan ekstra. Jadi jika kamu punya kulit sensitif, kamu harus lebih berhati-hati saat memilih cleanser. Pastikan cleanser yang kamu pilih tidak membuat kulit kering hingga menyebabkan iritasi.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan kandungan bahannya. Untuk kulit sensitif, sebaiknya pilih cleanser yang gentle dengan busa yang lembut dan minim. Formula cleanser yang bebas alkohol, pewangi, dan pewarna akan sangat pas di kulit sensitif.

Rekomendasi produk:

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash

Kenapa harus pilih Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash untuk kulit sensitif? Face wash Hada Labo ini mengandung bahan-bahan yang gentle dan bebas dari alkohol, pewangi, dan pewarna. Formulanya sangat cocok untuk kulit sensitif karena tidak akan menimbulkan iritasi saat digunakan.

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Kenapa harus pilih Cetaphil Gentle Skin Cleanser untuk kulit sensitif? Produk ini sudah terkenal di kalangan pecinta skincare, khususnya bagi orang-orang dengan kulit kering dan sensitif. Cetaphil memiliki tekstur yang lembut dan tidak kering di kulit, sehingga sangat nyaman digunakan untuk kulit sensitif.

4. Cara memilih cleanser untuk kulit berjerawat

Penanganan kulit berjerawat sebenarnya tidak jauh berbeda dari kulit berminyak. Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar jerawat tidak makin parah. Salah satunya adalah dengan memilih cleanser yang tepat.

Untuk kulit berjerawat, pastikan cleanser tidak membuat kulit kering tetapi tetap memberikan rasa segar dan bersih. Kamu juga bisa memilih cleanser dengan kandungan Salicylic Acid atau Tea Tree Oil untuk mencegah timbulnya jerawat baru. Kedua bahan ini bagus untuk membersihkan kulit serta mencegah bakteri penyebab jerawat berkembang di kulit.

Rekomendasi produk: 

Cosrx Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser

Kenapa harus pilih Cosrx Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser untuk kulit berjerawat? Face wash dari Cosrx ini mengandung Salicylic Acid sebagai bahan aktif utamanya. Bahan ini sangat membantu untuk membersihkan kulit hingga ke dalam pori-pori sekaligus mencegah timbulnya jerawat baru dengan cara mematikan bakteri penyebab jerawat.

Emina Ms. Pimple Acne Solution Face Wash

Kenapa harus pilih Emina Ms. Pimple Acne Solution Face Wash untuk kulit berjerawat? Mengandung berbagai bahan aktif yang bagus untuk merawat kulit berjerawat, seperti Salicylic Acid (untuk membersihkan kulit dan melawan bakteri penyebab jerawat) dan Allantoin (untuk memberikan kelembapan pada kulit). Meskipun target pasar dari produk ini adalah para remaja, tapi face wash Emina ini bisa digunakan oleh segala usia. Harganya juga sangat terjangkau, jadi sangat wajib untuk dicoba!

Kesimpulan

Memilih cleanser sesuai jenis kulit memang gampang-gampang susah. Kamu perlu memperhatikan beberapa hal untuk mendapatkan cleanser yang tepat sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan kulimu. Jika sudah mendapatkan produk yang sesuai, yakin deh, kulitmu pasti jadi lebih sehat dan terlihat makin bersinar.

Apakah menurutmu info yang Mincun bagikan cukup membantu? Next, Mincun harus bahas apa lagi nih? Coba drop pendapat kamu di kolom komentar ya! Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir. Sampai jumpa di postingan berikutnya!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama