10 Rekomendasi Toner untuk Kulit Berjerawat Terbaik yang Harus Kamu Coba!

Toner untuk kulit berjerawat

Halo, Sobat Racun! Apakah kamu sedang cari toner untuk kulit berjerawat terbaik? Jikalau iya, gak salah deh kamu kalau berkunjung ke website ini. 

Perlu kamu tahu, toner memiliki beragam jenis dan manfaat yang berbeda. Beberapa jenis toner di antaranya, toner hydrating yang berguna untuk melembapkan kulit; toner exfoliating untuk mengangkat sel kulit mati; toner untuk kulit berjerawat atau toner acne prone, untuk mencegah atau mengurangi jerawat yang ada di wajahmu. 

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak dan kulit berjerawat, toner acne prone ini sangat disarankan banget biar produksi minyak di wajahmu tetap terkontrol, dan toner untuk kulit berjerawat yang baik tentunya tidak akan membuat kulitmu jadi kering. 

Sebelum masuk ke dalam daftar 10 rekomendasi toner untuk kulit berjerawat terbaik, alangkah lebih baik kamu tahu terlebih dahulu, cara memilih toner untuk kulit berjerawat terbaik, supaya kamu tidak salah beli, Sobat Racun. Yuk, disimak ya! 

Cara Memilih Toner Kulit Jerawat yang Tepat


1. Melembapkan dan menenangkan

Pertimbangkan memilih toner yang mengandung bahan melembapkan dan menenangkan seperti aloe vera atau chamomile.

2. Cepat Meresap

Pilihlah toner yang cepat meresap ke dalam kulit sehingga memberikan kesegaran tanpa meninggalkan efek lengket di wajah. 

3. Kandungan Anti-Inflamasi

Bahan anti-inflamasi seperti ekstrak teh hijau atau calendula dapat membantu meredakan kemerahan dan peradangan pada kulit berjerawat.

4. Kandungan Bahan Lawan Jerawat

Kandungan AHA dan BHA diketahui mampu membersihkan pori-pori serta mengurangi jerawat pada wajah. 

5. Bebas atau Rendah Alkohol

Pilih toner yang bebas atau memiliki kandungan alkohol yang rendah. Kandungan alkohol yang tinggi dapat mengeringkan dan mengiritasi kulit yang cenderung berjerawat.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Clay Mask Terbaik

Berikut ini telah kami susun 10 toner terbaik untuk kulit berjerawat. Tentunya, daftar produk yang kami pilih telah terdaftar di BPOM, sehingga aman untuk kamu gunakan sehari-hari. 


1. NPure Toner Cica

Toner untuk kulit berjerawat

NPure Toner Cica mengandung Real Centella Leaves, 11x Acne Power Fighter, dan Tranexamic Acid. Berfungsi membersihkan sisa kotoran, mencerahkan kulit, merawat kulit jerawat, dan memberikan kesan segar, lembut, serta lembap. Aman dipakai untuk semua jenis kulit, terutama yang cenderung berjerawat. Efektif untuk berbagai jenis jerawat seperti beruntusan, jerawat kemerahan, papula, pustula, cystic, serta komedo.


2. Ella Botanical Toner Tea Tree

Toner untuk kulit berjerawat


Toner yang memiliki kandungan Tea Tree Oil ini diformulasikan sebagai pengontrol kadar minyak berlebih pada kulit wajahmu, memberikan efek penenang pada kulit yang kemerahan, pembengkakan, dan meradang karena jerawat. Dengan kandungan yang telah disediakan, sangat cocok digunakan oleh kamu yang memiliki kulit berjerawat. 


3. PYUNKANG YUL Calming Moisture Toner

Toner untuk kulit berjerawat
Dengan kandungan AHA dan PHA, toner ini diklaim mampu membersihkan sel kulit mati serta kotoran pada wajah. Kandungan white willow bark extract juga disebut dapat mengurangi sebum pada pori-pori. Kemudian, kombinasi Tea Tree Extract, Centella Asiatica, Honeysuckle Flower dianggap mampu menenangkan iritasi yang disebabkan oleh jerawat. 

4. The Body Shop Tea Tree Toner

The Body Shop Tea Tree Toner

Mengandung bahan utama Trade tea tree oil yang diklaim mampu menyegarkan wajah dan membersihkan sisa make-up, sehingga kulit wajahmu jadi tampak lebih bersih dan segar. Kandungan tea tree mampu bikin kulit bebas dari minyak berlebih. 


5. SKINTIFIC Pure Centella Acne Calming Toner

SKINTIFIC Pure Centella Acne Calming Toner

Toner Skintific ini dirancang khusus untuk merawat kulit berjerawat dengan kandungan Centella Asiatica. Teksturnya ringan, menyegarkan, dan cepat meresap tidak bikin gerah, dan membantu mengontrol kelebihan minyak di wajah. Kandungan Ectoin dan Panthenol disebut mampu menenangkan kulit. Cocok dipakai bagi kamu yang berkulit jerawat dan sensitif.


6. Azarine Toner Mild Purifying Toner

Azarine Toner Mild Purifying Toner

Mild Purifying Toner satu ini dirancang khusus untuk kulit kombinasi, berminyak, dan berjerawat. Diformulasikan untuk mengatasi masalah kontrol minyak, jerawat, membersihkan komedo, dan merawat pori-pori. Formulanya ringan dan aman dipakai oleh ibu hamil, menyusui, serta pemilik kulit sensitif.


7. Whitelab Acne Toner

Whitelab Acne Toner


Diracik dengan manfaat tiga kandungan utama, yaitu BHA, Mugwort, dan Tea Tree, produk ini diklaim bermanfaat mengembalikan pH alami kulit wajah. Selain itu, produk ini juga dirancang untuk membersihkan kotoran, merawat kulit berjerawat, menenangkan, dan menjaga kelembapan.


8. Calm Down! PHA 3% Soothing Everyday Toner

Calm Down! PHA 3% Soothing Everyday Toner

Calm Down! PHA 3% Soothing Everyday Toner satu ini klaim bahwa produknya mampu samarkan kemerahan akibat jerawat, menghaluskan dan menghidrasi kulit. Mengandung bahan-bahan seperti Mugwort, Hearleaf, dan Aloe Vera. Kandungan PHA juga disebutkan mampu angkat sisa kotoran dan sel kukit mati. 


9. Elsheskin Acne Refresh Toner

Elsheskin Acne Refresh Toner


Bila kulitmu sedang mengalami peradangan, toner satu ini cocok untuk digunakan, karena memiliki kandunga Allantoin yang berguna untuk meredakan kemerahan. Kandungan salicylic acid dan sulfur juga berguna untuk merawat kukit berjerawat, mencegah pori tersebut, dan mengontrol produksi sebum. 


10. Airnderm Clarifying Acne Toner 

Airnderm Clarifying Acne Toner

Toner yang terakhir ini juga cocok bagi kamu yang sedang mengalami masalah jerawat, karena Airnderm toner mengandung Salicylic Acid, Sulfur, dan Allantoin. Diklaim mampu mempercepat proses penyembuhan jerawat, atasi komedo, menenangkan kulit, meredakan peradangan, dan meregenerasi kulit. 


Tips Menggunakan Toner Dengan Benar

Berikut beberapa tips untuk menggunakan  toner dengan benar:

1. Bersihkan Wajah Terlebih Dulu

Pastikan wajah sudah bersih sebelum menggunakan toner. Gunakan pembersih wajah yang cocok untuk jenis kulit Anda.

2. Gunakan Kapas atau Tangan yang Bersih

Aplikasikan toner menggunakan kapas atau tangan bersih. Tuangkan toner secukupnya ke kapas atau telapak tangan dan ratakan ke wajah. 

3. Hindari Area Mata

Jauhi area sekitar mata ketika mengaplikasikan toner untuk menghindari iritasi yang tidak diinginkan.

4. Pat-pat

Saat mengaplikasikan toner, tepuk-tepukkan atau pat-patkan toner pada wajah dengan lembut, hindari menggosok agar tidak merusak skin barrier.

5. Gunakan Pagi dan Malam

Gunakan toner untuk rutinitas perawatan di pagi dan malam hari, untuk hasil yang lebih baik.

6. Biarkan Sesaat

Biarkan sejenak toner diserap oleh kulit, sebelum masuk ke tahap penggunaan skincare yang selanjutnya. 


Lebih Dulu Pakai Toner atau Serum? 

Secara umum, urutan penggunaan dimulai dengan toner terlebih dahulu, kemudian diikuti oleh serum. Ini disarankan, karena toner dapat membantu menyeimbangkan pH kulit, lalu mempersiapkannya untuk menerima manfaat maksimal dari serum. Toner dapat membersihkan sisa-sisa kotoran setelah pembersihan wajah, menenangkan kulit, sehingga membantu serum dapat diserap lebih baik oleh kulit.

Jadi, mulailah dengan menggunakan toner sebelum serum. 

Apakah Boleh Menggunakan Exfoliating Toner Saat Berjerawat? 

Ya, penggunaan exfoliating toner bisa menjadi bagian dari perawatan kulit untuk orang yang sedang mengalami jerawat. Exfoliating toner yang mengandung bahan seperti asam salisilat atau asam glikolat dapat membantu mengurangi penumpukan sel kulit mati, membersihkan pori-pori, dan mempercepat regenerasi kulit. Tapi ingat, gunakan dengan hati-hati. 

Jangan menggunakan exfoliating toner terlalu sering agar tidak menyebabkan iritasi. Dan jikalau terjadi iritasi, kemerahan, atau ketidaknyamanan, cukup hentikan saja penggunaannya. 

Kesimpulan

Penggunaan toner acne prone, merupakan salah satu langkah penting dalam perawatan kulit orang yang mengalami masalah jerawat. Toner dapat membantu mengontrol minyak berlebih, membersihkan pori-pori, dan mengurangi peradangan yang terkait dengan jerawat.

Namun, hasil yang efektif mungkin membutuhkan waktu dan konsistensi. Penting untuk memilih toner yang sesuai dengan jenis kulit dan konsultasikan dengan ahli kulit jika diperlukan. Selain itu, toner sebaiknya digunakan sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit yang lengkap, bukan sebagai solusi tunggal untuk mengatasi masalah jerawat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama