Punya Segudang Manfaat, Inilah 7 Jenis Masker Wajah yang Perlu Kamu Ketahui

7 jenis masker yang wajib kamu ketahui

Masker wajah adalah satu produk skincare yang paling populer dan punya beragam manfaat. Masker wajah umumnya digunakan sebagai perawatan kulit mingguan untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah dan sehat. Tak hanya itu, ada beberapa jenis masker wajah yang memiliki fungsi berbeda untuk kulit. Saking banyaknya, mungkin kamu akan kebingungan saat memilih produk masker mana yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulitmu.

Mungkin ada beberapa jenis masker yang sudah kamu tahu, seperti sheet mask atau clay mask. Padahal, masih ada banyak berbagai jenis masker yang punya fungsi ajaib untuk kulit. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan secara singkat dan jelas mengenai beberapa jenis masker wajah yang harus kamu tahu. Hal ini bertujuan agar kamu dapat memilih produk masker wajah varian apa yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Penasaran? Yuk, simak terus artikel ini hingga selesai, ya!

Jenis Masker Wajah

Tahukah kamu bahwa setiap jenis masker wajah memiliki tekstur, bahan, hingga manfaat yang berbeda? Yuk, kenali berbagai jenis masker untuk kulit wajah berikut ini!

1. Sheet Mask

jenis masker wajah

Sheet Mask adalah salah satu jenis masker wajah yang sangat populer. Masker ini pertama kali populer berkat maraknya trend Korean Beauty, karena sheet mask kebanyakan berasal dari brand skincare Korea yang merambah pasar lokal. Berbagai brand besar seperti Nature Republic, Innisfree, hingga Mediheal, memiliki produk sheet mask yang bagus dan patut kamu coba.

Tapi seiring berjalannya waktu, ada banyak brand lokal yang juga memiliki produk sheet mask dengan kualitas yang tak kalah bagus. Beberapa brand besar seperti Emina, Dear Me Beauty, Erha, dll, memiliki produk sheet mask yang kualitasnya sangat bagus, bahkan harganya lebih terjangkau.

Sheet mask memiliki manfaat utama untuk menghiidrasi dan melembapkan kulit. Tak hanya itu, sheet mask juga membantu mengatasi kulit kusam dengan mencerahkan kulit dan membuat kulit terlihat lebih glowing. Umumnya produk sheet mask berupa lembaran tisu yang praktis saat digunakan.

Di kemasan sheet mask, terdapat essence dengan kandungan bahan aktif yang bagus untuk kulit. Jadi kamu bisa pakai essence dalam kemasan sheet mask ke kulit wajah maupun badan setelah penggunaan sheet mask. Dengan rutin menggunakan sheet mask, kamu bisa mendapatkan kulit wajah yang cerah, glowing, dan sehat.

2. Clay Mask

jenis masker wajah

Selain sheet mask, ada satu lagi jenis masker yang sangat populer, yaitu clay mask. Ada banyak brand yang berlomba mengeluarkan produk clay mask terbaik. Clay mask adalah jenis masker yang menggunakan clay atau tanah liat alami sebagai bahan utamanya. Tanah liat alami yang digunakan kaya akan kandungan mineral dan magnesium.

Kandungan alami dalam tanah liat ini memberikan beragam manfaat untuk kulit, seperti menyerap minyak berlebih, membersihkan pori-pori, hingga mengempeskan jerawat. Clay mask memiliki sifat drying berkat kandungan alaminya, maka dari itu, masker ini tidak boleh didiamkan terlalu lama di kulit, karena bisa menyebabkan kulit kering. Jenis masker ini cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Clay mask memiliki pH negatif, saat bertemu dengan kulit yang memiliki pH positif, maka akan terjadi proses menarik minyak dan kotoran yang ada di permukaan kulit. Tak hanya mengatasi masalah jerawat, komedo, dan minyak berlebih, clay mask juga sangat bagus untuk merawat kulit kusam agar menjadi lebih cerah.

Ada berbagai bahan clay yang sering digunakan sebagai bahan clay mask, seperti kaolin, bentonite, french green, dan masih banyak lagi. Masing-masing jenis clay memiliki karakteristik yang berbeda yang bisa kamu pilih sesuai dengan jenis kulit.

3. Mud Mask

jenis masker wajah

Ada clay mask, ada juga masker berjenis mud atau yang biasa disebut dengan masker lumpur. Mud mask adalah masker wajah yang bahan utamanya terbuat dari lumpur. Meskipun sekilas memiliki kesamaan tampilan dengan clay mask, namun keduanya jelas sangat berbeda.

Tidak seperti clay mask yang bersifat kering, mud mask malah terasa lebih lembap karena fungsinya memang untuk memberikan hidrasi serta menjaga elastisitas kulit. Karena mud mask memiliki kandungan lumpur atau mud yang tinggi kandungan mineral, ada kalanya sebuah mud mask juga memiliki kandungan clay di dalamnya.

Namun perlu diingat lagi, meskipun juga memiliki sedikit kandungan clay, mud mask memiliki sifat yang lebih melembapkan dan nyaman di kulit. Berkat karakteristiknya ini, mud mask lebih cocok sebagai masker untuk kulit kering. Mud mask memang tidak sepopuler clay mask, tapi ada banyak produk mud mask dengan kualitas bagus yang bisa kamu coba.

4. Sleeping Mask

Sleeping mask adalah salah satu jenis masker wajah yang juga cukup populer di pasaran. Masker yang awalnya populer berkat trend Korean beauty ini kini telah menjamur. Bahkan banyak juga brand lokal yang turut mengeluarkan produk sleeping mask dengan kualitas yang juga sangat bagus.

Masker ini merupakan salah satu jenis yang unik karena teksturnya yang lebih mirip moisturizer dan cara penggunaannya. Sleeping mask biasanya digunakan semalaman dan baru dibilas saat bangun tidur di pagi hari. Sangat berbeda dari kebanyakan jenis masker wash off lainnya yang harus dibilas setelah 10-20 menit.

Sleeping mask memiliki fungsi yang beragam, tapi yang paling populer adalah untuk melembapkan dan mencerahkan kulit, serta membuat kulit terlihat lebih sehat dan glowing. Jenis masker satu ini cocok untuk semua jenis kulit karena fungsinya yang memang dibutuhkan oleh kulit.

5. Peel Off Mask

Jika kamu sering bermasalah dengan komedo, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan peel off mask. Masker ini merupakan salah satu jenis masker yang cukup populer karena penggunaannya yang unik dan terkesan satisfying.

Peel off mask adalah masker yang dapat di-peel off atau dikelupas setelah seluruh permukaannya kering. Karena hal ini, peel off mask juga memberikan efek eksfoliasi yang juga dapat membuat kulit terlihat lebih cerah.

Namun kamu perlu berhati-hati saat menggunakan peel off mask, khususnya jika kamu memiliki kulit kering dan sensitif. Karena masker peel off biasanya susah dikelupas dan memberikan sedikit rasa ketarik yang membuat kulit muncul kemerahan. Selain itu, bahan yang digunakan juga tidak sensitive skin friendly, seperti menggunakan banyak kandungan parfum, pewarna, alkohol, dan masih banyak lagi.

Tapi masker peel off akan disukai oleh pemilik kulit berminyak karena dinilai dapat membersihkan pori-pori serta mengangkat komedo membandel. Namun, masker ini kurang direkomendasikan untuk kulit berjerawat karena sensasi ketarik yang umum ada saat proses peel off menyebabkan jerawat makin meradang.

6. Exfoliating Mask

Pernahkah kamu menggunakan masker wajah yang memiliki 2 fungsi sekaligus? Umumnya, masker wajah 2 in 1 juga memiliki fungsi eksfoliasi karena tekstur produknya yang kasar. Nah, masker ini juga populer dengan sebutan exfoliating mask.

Exfoliating mask adalah masker wajah yang selain berfungsi untuk menutrisi kulit, tetapi juga memberikan efek eksfoliasi. Biasanya exfoliating mask memiliki tekstur scrub yang kasar. Tekstur ini bisa kamu gunakan untuk menggosok kulit saat proses pembilasan agar kulit bersih maksimal.

Sayangnya, exfoliating mask rata-rata memiliki tekstur scrub yang besar dan kasar, sehingga kurang cocok untuk kulit kering, sensitif, dan berjerawat. Tapi jika kamu penasaran dan tetap ingin mencoba jenis masker ini, kamu bisa menggunakannya tanpa harus menggosok kulit dengan scrubnya.

7. Jelly Mask

Meskipun baru mendapatkan popularitas beberapa tahun terakhir, jelly mask patut kamu pertimbangkan untuk kamu pilih sebagai produk perawatan kulit tambahan. Jelly mask adalah masker yang memiliki tekstur jelly yang jiggly dan ringan.

Biasanya masker jelly menggunakan berbagai kandungan bahan yang ringan dan alami, seperti ekstrak bunga atau charcoal. Fungsi utama dari jelly mask adalah untuk melembapkan sekaligus mencerahkan kulit.

Diantara semua jenis masker, jelly mask memiliki harga yang cukup mahal. Selain karena teksturnya yang unik, bahannya yang alami, serta hasil pakainya yang bagus, proses aplikasi dari masker ini juga dinilai unik dan cukup satisfying.

Jelly mask sangat cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit kering dan sensitif karena lembut di kulit. Bahkan beberapa produk masker jelly juga memiliki fungsi anti iritasi, lho! Jadi masker satu ini bisa jadi andalan untuk kamu yang punya kulit sensitif.

Jenis Masker Wajah Apa yang Paling Bagus?

Semua jenis masker yang ada di pasaran tentu bagus, yang membedakan hanyalah cocok tidaknya di kulit. Untuk menentukan masker wajah mana yang bagus, sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulitmu.

Jika kamu memiliki kulit berminyak dan berjerawat, masker jenis clay atau mud bagus untuk kulitmu. Tapi jika kulitmu cenderung kering dan sensitif, pilihlah masker yang melembapkan kulit, seperti sheet mask atau jelly mask.

Cek juga berbagai tips memilih masker sesuai jenis kulit agar tidak salah pilih, ya!

Baca Juga: Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berminyak

Masker Wajah Jenis Apa yang Bisa Dipakai Setiap Hari?

Idealnya, masker berfungsi sebagai perawatan kulit tambahan yang digunakan sebanyak 2-3 kali seminggu. Tapi ada juga masker wajah yang aman digunakan setiap hari, yaitu sheet mask.

Sheet mask memiliki banyak manfaat untuk kulit, salah satunya adalah memberikan hidrasi dan kelembapan bagi kulit. Kulit sangat membutuhkan hidrasi dan kelembapan untuk menjaga skin barrier tetap sehat. Untuk itu, menggunakan sheet mask setiap hari bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kulit tetap sehat.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tentang berbagai jenis masker wajah, jadi tidak perlu bingung lagi saat memilih produk masker yang sesuai dengan kulit. Dari banyaknya jenis masker yang sudah kita sebutkan, kamu sudah pernah coba yang mana nih? Coba komen di kolom komentar, ya!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama