10 Rekomendasi Moisturizer untuk Kulit Berminyak Agar Muka Tidak Kusam

Rekomendasi moisturizer untuk kulit berminyak

Bagi kamu yang punya kulit berminyak, jangan sembarangan pilih moisturizer atau pelembap wajah. Salah-salah kulitmu bisa makin lembap dan bikin gerah. Yuk simak informasi dan rekomendasi kami mengenai moisturizer untuk kulit berminyak.

Moisturizer untuk kulit berminyak biasanya dirancang dengan formula yang ringan, tidak mengandung minyak, mengandung asam hialuronat, glycerin, atau niacinamide

Tujuan dibikin menggunakan formula yang ringan adalah supaya kandungan moisturizer tidak menyumbat pori-pori kulit kamu. Kalau pori-porimu tersumbat, produksi minyak di wajah bakalan meningkat. Kalau produksi minyak meningkat, wajahmu bakal terlihat kusam, dan lengket karena keringat.

Setelah kamu tahu, betapa pentingnya menggunakan moisturizer kulit berminyak, yuk simak cara memilih moisturizer yang tepat untuk kulitmu yg oily

Cara Memilih Moisturizer untuk Kulit Berminyak yang Tepat

1. Formula Ringan

Pilih moisturizer dengan formula ringan seperti gel atau lotion untuk menghindari rasa berat pada kulit.

2. Bebas Minyak

Pilih moisturizer yang dirancang khusus untuk kulit berminyak dan bebas minyak agar tidak meningkatkan produksi minyak pada kulit.

3. Kandungan Hydrating

Perhatikan kandungan seperti asam hialuronat, glycerin, atau niacinamide yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit tanpa menambah minyak.

4. Mattifying

Pilih produk dengan formula yang memberikan hasil akhir matte untuk mengurangi kilap berlebih pada kulit. Misalnya, Salicylic Acid dan Niacinamide. 

5. Hindari Bahan Iritan

Hindari bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit, seperti pewangi atau alkohol dalam jumlah tinggi.

Baca Juga: Punya Segudang Manfaat, Inilah 7 Jenis Masker Wajah yang Perlu Kamu Ketahui

Kini kamu sudah tahu, cara memilih moisturizer yang tepat untuk kulit berminyak. So, sudah saatnya kamu baca rekomendasi moisturizer terbaik bagi kalian yang punya kulit berminyak.

Tentunya, kami hanya memberikan produk yang sudah lolos sertifikasi BPOM serta telah memiliki basis pengguna yang banyak, sehingga 10 produk berikut ini aman kamu gunakan dan terjamin kualitasnya. 


1. Azarine Oil Free Brightening Moisturizer

Moisturizer untuk kulit berminyak

Moisturizer dari Azarine ini diformulasikan khusus bagi kamu yang mudah berjerawat. Teksturnya ringan dan mudah meresap ke kulit. Formula oil controlnya diklaim mampu beri efek matte dan dapat kontrol produksi minyak di kulit bila digunakan secara rutin. 


2. Skintific 5X Ceramide Barrier Moisture Gel

Moisturizer untuk kulit berminyak

Skintific 5X Ceramide Barrier Moisture memiliki tekstur gel yang ringan sehingga mudah diaplikasikan dan melembapkan kulit dengan baik. Mengandung ceramide yang berguna berguna menjaga skin barrier kulit. Kombinasi hyuluronic acid, centella asiatica, dan marine collagen juga berperan aktif dalam memberikan nutrisi pada kulit. 

3. Wardah Perfect Bright Moisturizer Oil Control

Moisturizer untuk kulit berminyak

Dengan formula 7 White Actives, Brightening Powder, dan SPF 28, produk ini dirancang untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Kulit wajah yang normal hingga cenderung kering akan terlihat lebih halus dan cerah merona berkat efek pencerahan, matte, serta kelembaban yang diberikan oleh produk ini.


4. Elformula CeraHydro Barrier Moisture

Elformula CeraHydro Barrier Moisture

Dirancang khusus untuk merawat Skin Barrier, produk ini menggunakan bahan-bahan seperti CeraHydro dan Ceramide Complex untuk memperkuat dan merawat skin barrier-mu. Selain itu, produk ini juga memiliki agen anti blue light untuk lindungi kulit dari radiasi yang dipancarkan oleh gadget. 


5. White Story Skin Barrier Moisturizer Gel

White Story Skin Barrier Moisturizer Gel
Dengan tekstur gel, produk ini akan terasa ringan dan mudah menyerap bila diaplikasikan ke kulit. White Story beri klaim bahwa produknya ini mampu melembapkan kulit hingga 72 jam, merawat skin barrier, dan memberikan nutrisi agar kulit jadi lebih sehat. Produk ini cocok dipakai kulit berminyak bahkan semua jenis kulit. Pas digunakan sebelum memakai make-up. Aman juga dipakai bagi ibu hamil dan menyusui. 


6. The Originote Hyalucera Moisturizer

The Originote Hyalucera Moisturizer
Kandungan ceramide dan Chlorelina pada produk ini berguna dalam merawat skin barrier dan jaga elastisitas kulitmu. Diklaim mampu menjaga kelembapan, mengencangkan kulit, dan cegah penuaan dini. Cocok bagi kamu yang ingin menjaga kelembapan kulit sehingga cegah tanda penuaan dini. 


7. Implora 8+ Ceramide Moisturizer

Implora 8+ Ceramide Moisturizer

Produk ini dirancang untuk menyamarkan noda dan flek hitam di kulitmu. Selain itu diklaim mampu beri nutrisi pada kulit, mencerahkan, menjaga skin barrier, dan beri kelembapan. Semua itu didapat dari kandungan bahan-bahan seperti 2% Niacinamide, Hyaluronic Acid, dan Hydromarine Collagen. 

8. Eiem Beauty Water Bank Moisturizer

Eiem Beauty Water Bank Moisturizer

Dengan kandungan Centella Asiatica dan enam Ekstrak Alami, moisturizer ini dirancang untuk memberikan nutrisi, kelembaban, dan menjaga kesehatan kulit. Eiem Beauty menyatakan bahwa formula water bank moisturizer mereka mampu menjaga kelembaban wajah selama 12 jam.


9. Pond's Watermelon Gel Moisturizer 

Pond's Watermelon Gel Moisturizer

Dirancang untuk meningkatkan kecerahan kulit, produk ini berperan sebagai Day Cream untuk menghidasi kulit sebelum menggunakan make-up, dan Night Cream untuk merestorasi kelembapan serta memberikan nutrisi saat tidur. Terbuat dari 100% bahan pelembap alami, bebas alkohol, dan cocok untuk semua jenis kulit.


10. GLOWINC Potion MAINTAIN+ 

GLOWINC Potion MAINTAIN+

Adalah pelembap wajah yang diklaim memberikan hidrasi, mencerahkan kulit, dan membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini. Cocok digunakan setiap hari, baik pagi maupun malam. Produk ini disebut cocok untuk fungal acne, hipoalergenik, telah diuji secara dermatologi, bersertifikat halal, ramah untuk kulit remaja, dan tidak melibatkan uji coba pada hewan.


Tips Menggunakan Moisturizer yang Benar

1. Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Pastikan wajah dalam keadaan bersih sebelum mengaplikasikan moisturizer. Bersihkan wajah dari kotoran dan sisa-sisa makeup. 

2. Urutan Pemakaian

Gunakan moisturizer setelah toner dan serum. Lalu, gunakan moisturizer sebelum mengaplikasikan sunscreen pada kulit. 

3. Gunakan Secukupnya

Gunakan jumlah yang cukup, tetapi tidak berlebihan. Beberapa gram penggunaan biasanya sudah cukup untuk menutrisi wajah.

4. Ratakan Pada Wajah

Ratakan dengan menggunakan gerakan melingkar atau tepuk-tepuk ringan saat mengaplikasikan moisturizer. Hindari menggosok wajah dengan terlalu keras.

5. Jangan Lupakan Bagian Leher

Jangan lupakan leher saat mengaplikasikan moisturizer. Area ini juga membutuhkan kelembapan.


Berapa kali sehari pakai moisturizer bagi kulit berminyak? 

moisturizer untuk kulit berminyak

Menggunakan moisturizer secara teratur, baik pagi maupun malam, membantu menjaga keseimbangan kelembapan kulit dan mendukung kesehatan kulit secara keseluruhan.

Selain itu, menggunakan moisturizer di saat kulit sedang kering karena cuaca dingin atau ruangan ber-AC, sangatlah disarankan. Karena rasa gatal cendurung muncul saat kulit sedang kering. 

Akan tetapi, setiap orang memiliki kebutuhan kulit yang berbeda, jadi sesuaikan dengan kondisi kulit dan preferensi pribadimu.


Berapa lama jarak penggunaan moisturizer ke sunscreen?

moisturizer untuk kulit berminyak

Setelah mengaplikasikan moisturizer, sebaiknya tunggu sekitar 5-10 menit sebelum memggunakan sunscreen. Waktu tunggu ini memberi kesempatan bagi moisturizer untuk menyerap ke dalam kulit sebelum kamu melindungi kulit dengan sunscreen.

Jika moisturizer sudah terasa menyerap betul ke kulit, kamu juga bisa menggunakan sunscreen lebih cepat dari pedoman tadi. 


Kesimpulan

Moisturizer untuk kulit berminyak amatlah penting dipakai, karena dapat membantu menjaga kelembapan, mencegah kekeringan, dan merawat kulit. Pilihlah produk berformula ringan, mattifying, dan bebas minyak untuk hasil yang optimal. Gunakan moisturizer secara teratur pagi dan malam. Semoga artikel ini dapat membantu kegelisahanmu dalam menentukan, produk mana yang akan kamu beli. Jadi, ingin coba yang mana, Sobat Racun? 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama