5 Rekomendasi Tea Tree Oil Terbaik Bantu Atasi Jerawat di Wajah

Tea tree oil untuk jerawat

Tahukah kamu apa itu tea tree oil? Tea tree oil adalah minyak yang diekstrak dari daun pohon teh Australia (Melaleuca alternifolia). Minyak ini dikenal karena memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi, sering digunakan untuk perawatan kulit dan rambut.

Tea tree oil terbaik dapat membantu mengatasi jerawat karena memiliki sifat antimikroba yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Penggunaannya dapat membantu membersihkan pori-pori, mengurangi kemerahan, dan mengurangi peradangan pada kulit yang terkena jerawat.

Sewaktu Mincun lagi berjerawat, Tea Tree Oil ini sangat membantu banget loh. Jerawat yang mulanya kemerahan, bisa mereda. Selain itu, juga bisa bantu menyamarkan bekas jerawat dan menghaluskan kulit.

Produk ini umumnya cocok digunakan oleh orang dengan kulit berjerawat atau berminyak karena sifat antimikroba dan antiinflamasi yang dimilikinya.

Namun, orang dengan kulit sensitif atau alergi tertentu sebaiknya melakukan uji coba terlebih dahulu atau berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum penggunaan. Wanita hamil atau menyusui juga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan tea tree oil untuk jerawat. Jika terjadi iritasi atau reaksi negatif, segera hentikan penggunaan.

Jika kamu ingin memakai tea tree oil untuk wajah, sebaiknya aplikasikan pada kulit yang sudah bersih dan kering. Waktu yang sering direkomendasikan untuk penggunaan tea tree oil adalah setelah mencuci wajah atau sebelum menggunakan pelembap.

Baca Juga: Tangkal Dampak Negatif Sinar Ultraviolet, Ini 9 Rekomendasi Sunscreen Terbaik Untuk Pria


Bau Tea Tree Oil seperti Apa?

tea tree oil untuk jerawat

Aroma khas tea tree oil sering dianggap menyegarkan, sebagian lain menganggap baunya tajam. Beberapa orang juga menggambarkan bau tea tree oil sebagai bau herbal atau seperti aroma kayu puih. Meskipun memiliki karakteristik yang unik, aroma tea tree oil dapat bervariasi tergantung pada sumber dan kualitas produknya.

Sebagian orang mungkin tidak menyukai aroma tea tree karena aromanya yang kuat. Dalam banyak produk perawatan kulit yang mengandung tea tree oil, biasanya aroma tersebut, sudah dicampur dengan bahan-bahan lain untuk mengurangi keintensitasan aromanya.

Apakah Tea Tree Oil Cocok untuk Bruntusan?


Perlu kamu ketahui, bahwa Tea tree oil untuk jerawat bruntusan adalah benar adanya. Hal ini disebabkan tea tree oil mengandung senyawa aktif seperti terpinen-4-ol, ini berarti minyak tea tree dapat membunuh bakteri penyebab bruntusan, seperti Propionibacterium acnes. Penggunaannya dapat membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi peradangan pada kulit, yang dapat mendukung perbaikan kondisi bruntusan.

Setelah mengetahui apa saja manfaat tea tree oil untuk atasi masalah jerawat di wajah, yuk simak 5 rekomendasi tea tree oil terbaik untuk atasi jerawat versi Tim Racunin.

Tentunya, produk yang kami sarankan telah teruji di BPOM sehingga aman untuk kamu gunakan, selama mengikuti petunjuk penggunaan dengan benar.

1. The Body Shop Tea Tree Oil

the body shop tea tree oil

Tea Tree Oil dari Kenya di The Body Shop diklaim dapat membantu merawat kulit dengan CFT, mengurangi noda bekas jerawat, dan kilap berlebih. Diperkaya 15% Tea Tree Oil organik dari Kenya dan Tamanu Oil, produk ini meredakan jerawat, menyembuhkan bekasnya, dan menenangkan kemerahan dengan bahan alami >90%. Terasa lembut di kulit, dan bersertifikat vegan. 

2. Safi Natural Tea Tree Oil

safi tea tree oil

Safi Natural Anti Acne Cleanser Tea Tree Oil adalah produk skincare dengan racikan Tea Tree Oil dan Aloe Vera, tersedia dalam ukuran 50g dan 100g, cocok bagi kamu yang mengalami jerawat. Diklaim ampuh membersihkan sisa kotoran, sebum, dan mengurangi minyak. Karena mengandung bahan anti-bakteri, Tea Tree Oil ini bisa menjaga kelembaban dan merawat kulit berjerawat.

3. Nature Republic Herbology Tea Tree Refining Oil

tea tree oil untuk wajah

Tea Tree Refining Oil ini diklaim ampuh mengurangi jerawat, kelebihan minyak, dan peradangan. Minyak esensial ini berasal dari daun Melaleuca alternifoca yang mengandung terpinen-4-ol. Manfaatnya termasuk mempercepat penyembuhan luka, mengontrol produksi minyak berlebih, serta menenangkan kulit merah dan peradangan akibat jerawat.

4. Aiken Tea Tree Oil

tea tree oil untuk wajah

Aiken Tea Tree Oil mengandung 100% Pure Tea Tree Oil yang berguna untuk beragam manfaat kesehatan kulit. Mengandung 100% Tea Tree Oil dari Australia yang berguna sebagai agen antibakterial alami untuk melawan jerawat tanpa membuat kulit kamu jadi kering. Untuk kemasan 10ml, produk ini terbilang memiliki harga yang terjangkau dibandingkan kompetitor.

5. Nurish Organiq Tea Tree Oil

manfaat tea tree oil

Nurish Organiq Tea Tree Oil diformulasikan dengan 150,00ppm 100% Pure Tea Tree Oil dari Australia, diklaim bagus untuk mengatasi komedo, jerawat, dan bekas jerawat secara efektif. Produk ini disebut dapat menenangkan kulit kemerahan, menyeimbangkan kondisi kulit berminyak, serta mengembalikan tingkat kelembapan kulit. Cocok untuk semua jenis kulit.


Tea Tree Tidak Boleh Dicampur dengan Apa?

tea tree oil untuk jerawat

Tea tree oil sebaiknya tidak dicampur dengan minyak esensial lain yang bersifat asam atau kuat, seperti minyak lemon atau minyak jeruk, karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Selain itu, penggunaan tea tree oil bersama dengan produk perawatan kulit yang mengandung benzoyl peroxide juga sebaiknya dihindari, karena kombinasi keduanya dapat meningkatkan risiko iritasi.

Kalau kamu masih ragu atau memiliki kondisi kulit tertentu sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit sebelum menggabungkan tea tree oil dengan produk lain.

Apa Efek Samping Tea Tree?

Tea tree oil untuk wajah

Meskipun tea tree oil memiliki banyak manfaat untuk kulit dan kesehatan, beberapa orang mungkin dapat mengalami efek samping. Beberapa efek samping yang mungkin timbul dari penggunaan tea tree oil termasuk:

1. Iritasi Kulit

Tea tree oil dapat menyebabkan iritasi kulit, terutama jika digunakan dalam konsentrasi tinggi atau pada kulit yang sensitif. Oleh karena itu, sebaiknya hindari penggunaan langsung dalam bentuk murni dan selalu encerkan dengan bahan tambahan. Jika terjadi iritasi, segera hentikan penggunaan.

2. Reaksi Alergi

Beberapa individu mungkin mengalami reaksi alergi terhadap tea tree oil. Jika muncul tanda-tanda alergi seperti ruam, gatal, atau pembengkakan, segera hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan profesional kesehatan.

3. Kemungkinan Interaksi Obat

Tea tree oil dapat berinteraksi dengan beberapa obat, seperti obat-obatan anti-inflamasi nonsteroid atau obat tidur. Jika kamu sedang menggunakan obat-obatan tertentu, konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk memastikan tidak ada interaksi yang merugikan.

4. Iritasi pada Mata dan Mulut

Hindari kontak langsung dengan mata dan mulut, karena tea tree oil dapat menyebabkan iritasi. Jika terjadi kontak tidak sengaja, bilas area yang terkena dengan air mengalir.

5. Pemutihan Kulit

Penggunaan berlebihan atau pada kulit tertentu dapat menyebabkan pemutihan atau perubahan warna pada kulit. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan dan tidak menggunakan tea tree oil secara berlebihan.

Dengan memahami potensi efek samping ini dan menggunakan tea tree oil dengan hati-hati, kamu dapat memaksimalkan manfaatnya selagi meminimalkan risiko reaksi negatif.

Apakah Salicylic Acid Bisa Digabung dengan Tea Tree Oil?

Manfaat tea tree oil

Salicylic acid dan tea tree oil dapat digunakan bersamaan dalam perawatan kulit untuk mengatasi jerawat dan kondisi kulit berminyak. Keduanya memiliki sifat eksfoliasi dan dapat memberikan manfaat dalam membersihkan pori-pori serta mengurangi jerawat. 

Namun, perlu diperhatikan potensi pengeringan kulit yang dapat terjadi ketika keduanya digunakan bersamaan. Sebelum menggabungkan keduanya, disarankan untuk melakukan percobaan pada area kulit, guna memastikan tidak ada reaksi iritasi atau alergi.

Kesimpulan

Tea tree oil dapat menjadi tambahan yang efektif dalam rutinitas perawatan kulit. Dikenal karena sifat antibakteri, antijamur, dan antiperadangan, tea tree oil sering digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat, komedo, dan kondisi kulit berminyak.

Disarankan untuk memilih produk tea tree oil terbaik yang berkualitas tinggi dan tidak tercampur dengan bahan tambahan, yang berpotensi mengiritasi kulit.

Penggunaan tea tree oil sebaiknya sesuai dengan petunjuk penggunaan dan disesuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing. Jadi, kamu ingin beli produk yang mana nih?

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama