Biar Gak Salah Pilih, Cek Tips & Trik Memilih Body Lotion yang Tepat Sesuai Jenis Kulit Berikut Ini!

cara memilih body lotion

Saat berbicara tentang perawatan tubuh, pasti banyak dari kamu yang langsung teringat dengan body lotion. Gak heran sih, karena body lotion adalah salah satu produk body care paling populer dan sepertinya semua orang memang menggunakan produk satu ini. Tapi banyak gak sih yang masih bingung dengan cara memilih body lotion?

Awalnya, Mincun juga termasuk salah satu orang yang bingung banget sama cara memilih body lotion yang pas di kulit. Karena kulit badan Mincun cenderung kering, jadi agak susah buat cari produk lotion yang nyaman dan lembapnya pas di kulit. Akhirnya Mincun iseng cari tips memilih body lotion sesuai jenis kulit.

Setelah tahu bagaimana cara memilih body lotion yang benar, Mincun udah gak kesusahan lagi cari body lotion. Bahkan Mincun juga sudah menemukan produk body lotion andalan, yang pas lembapnya dan nyaman banget di kulit mincun. Nah, biar Mincun gak sukses sendirian, kali ini Mincun akan membagikan tips memilih body lotion sesuai jenis kulit. Biar kamu gak kebingungan lagi saat dihadapkan dengan banyaknya pilihan lotion badan yang ada di pasaran. Yuk simak terus sampai akhir ya!

Cara memilih body lotion sesuai jenis kulit


Agar lebih mudah untuk dipahami, Mincun akan membagi tips memilih body lotion sesuai jenis kulit dan akan menjabarkannya di masing-masing poin. Berikut penjelasannya.

1. Tips memilih body lotion untuk kulit kering

tips memilih body lotion

Jika kamu punya kulit badan yang cenderung kering seperti Mincun, yuk sini kumpul! Mincun akan memberikan tips memilih body lotion untuk kamu yang punya kulit kering. Karena kulit kering cenderung kekurangan kelembapan dan hidrasi, maka akan berpotensi menyebabkan kerusakan skin barrier.

Nah, kamu bisa mengatasinya dengan memilih produk body lotion yang bagus untuk melembapkan kulit. Contohnya adalah lotion dengan kandungan natural oil, seperti avocado oil, coconut oil, dan masih banyak lagi. Atau kamu juga bisa memilih lotion dengan kandungan shea butter yang juga terkenal dengan daya lembapnya yang bagus dan awet di kulit.

Tapi jika ingin body lotion yang ringan dan nyaman tetapi masih oke untuk kulit kering, kamu bisa mencoba produk dengan kandungan glycerin atau hyaluronic acid. Kedua kandungan ini memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan dan hidrasi kulit, sehingga tidak akan membuat kulit terasa kering.

2. Tips memilih body lotion untuk kulit berminyak

cara memilih body lotion yang benar

Karena kulit berminyak sudah mendapatkan kelembapan yang cukup dari produksi minyak alami pada kulit, kamu hanya perlu membantunya dengan menambahkan sedikit hidrasi. Nah untuk itu, kamu harus bisa memilih produk yang tepat untuk kulitmu. Karena jika salah pilih produk body lotion, akan sangat mempengaruhi kenyamanan.

Kamu bisa memilih produk body lotion dengan tekstur gel yang ringan. Tekstur gel umumnya memiliki karakteristik yang lightweight dan mudah meresap, tetapi tetap bisa memberikan kelembapan dan hidrasi yang pas. Tipe body lotion gel ini sangat cocok jika kamu punya jenis kulit berminyak.

Selain memperhatikan tekstur dari lotion yang akan kamu beli, pastikan kamu juga mengecek apa saja kandungan bahannya. Kulit yang berminyak lebih cocok dengan bahan-bahan yang ringan, tetapi juga memberikan kelembapan pada kulit. Berbagai kandungan seperti aloe vera, rose extract, atau green tea, sangat bagus untuk menjaga kelembapan kulit berminyak.

3. Tips memilih body lotion untuk kulit sensitif

cara memilih body lotion

Jika kamu punya kulit yang sensitif, maka harus lebih ekstra hati-hati saat memilih produk body lotion. Karena jika sembarangan memilih produk, kulit bisa iritasi dan malah menyebabkan rasa tidak nyaman yang mengganggu. Selain itu, bisa juga terjadi reaksi alergi yang dapat membahayakan kulit.

Saat memilih body lotion untuk kulit sensitif, pastikan produknya terbebas dari pewarna, pewangi, serta alkohol. Adanya ketiga kandungan ini dapat menyebabkan reaksi negatif pada kulit. Sebaiknya, pilih produk body lotion yang mengandung bahan-bahan yang menenangkan kulit dan anti-inflamasi seperti centella asiatica, chamomile, dan masih banyak lagi.

Untuk mengurangi rasa gatal karena kulit sensitif, kamu juga bisa memilih produk body lotion yang memiliki tekstur tebal. Lotion badan dengan tekstur seperti ini akan mengurangi kulit kering serta dapat mencegah timbulnya ruam pada kulit. Selain itu, body lotion dengan tekstur yang tebal umumnya memang memiliki kandungan yang lebih aman untuk kulit sensitif.

Bagaimana cara memilih body lotion untuk ibu hamil dan menyusui?


cara memilih body lotion untuk ibu hamil

Khusus untuk ibu hamil dan menyusui, memang perlu usaha ekstra untuk memilih body lotion yang tepat. Mincun sudah merangkum beberapa tips memilih body lotion untuk ibu hamil dan menyusui yang bisa kamu simak.

Pertama, kamu harus menghindari beberapa kandungan bahan seperti retinoid, salicylic acid, dan bahan chemical sunscreen. Jika kamu memiliki kulit yang cenderung kering dan sensitif, kamu bisa memilih body lotion dengan formula hypoallergenic.

Nah, agar tidak salah pilih body lotion untuk ibu hamil dan menyusui, kamu bisa mengkonsultasikan dengan dokter kandungan. Biasanya, dokter akan merekomendasikan produk yang ringan namun tetap melembapkan, seperti produk dari Cetaphil, Aveeno, dan lain sebagainya.

Penggunaan body lotion pada kulit akan sangat membantu memudarkan stretch mark yang biasa muncul saat hamil lho! Jadi bisa dibilang kalau pakai body lotion tetap penting meskipun saat dalam kondisi hamil.

Kesimpulan


Sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana cara memilih body lotion yang tepat untuk kulitmu? Setelah membaca artikel ini, Mincun harap kamu gak kesulitan lagi saat membeli body lotion. Ingat, pastikan produk yang kamu pilih sudah sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulitmu ya!

Untuk membantu kamu agar lebih mudah saat memilih body lotion, kamu bisa cek beberapa artikel Racunin yang berisi rekomendasi body lotion berikut ini:

Baca juga:  12 Rekomendasi Body Serum yang Cepat Memutihkan Kulit


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama