7 Rekomendasi Body Lotion SPF Terbaik yang Cocok untuk Kulit Orang Indonesia

Body lotion spf

Sobat Racun, tahukah kamu bahwa sinar UV di negara tropis seperti Indonesia itu punya nilai index yang lebih tinggi dari negara empat musim. Index UV yang tinggi bikin beragam produk skincare yang dijual di Indonesia, banyak  juga diformulasikan dengan SPF supaya bisa mencegah kerusakan kulit dari bahaya sinar matahari. 

Mincun sendiri adalah salah satu orang yang mudah sekali mengalami sunburn atau kulit gosong jika terpapar sinar terlalu lama. Dengan memakai produk yang mengandung SPF atau anti UV, kulit Mincun pun jadi terasa lebih terlindungi.

Ada beragam produk perawatan kulit selain sunscreen yang juga dibekali dengan SPF. Contohnya, moisturizer, lip balm, foundation, dan juga body lotion ber-SPF.

Body lotion ber-SPF (Sun Protection Factor) adalah produk perawatan kulit yang mengandung tabir surya untuk melindungi kulit tubuh dari paparan sinar matahari. Body lotion ini diformulasikan dengan bahan-bahan yang tidak hanya memberikan kelembapan dan nutrisi pada kulit, tetapi juga memberikan perlindungan dari sinar UVB dan UVA.

Fungsi utama body lotion SPF adalah untuk mencegah kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, termasuk penuaan dini dan risiko kanker kulit. Pemakaian body lotion jenis ini dapat menjadi tambahan yang baik dalam rutinitas perawatan kulit untuk menjaga kulit tubuh tetap sehat dan terlindungi dari dampak buruk sinar matahari.

Namun, jika kamu sedang melakukan aktivitas di luar secara dalam waktu yang lama, misalnya liburan di pantai, sebaiknya kamu menggunakan sunblock yang punya SPF lebih tinggi daripada body lotion untuk melindungi kulitmu.

Di pasaran terdapat beberapa jenis lotion ber-SPF yang dijual. Mulai dari Body lotion SPF 20, Body Lotion SPF 30, hingga Body Lotion SPF 50.

Perbedaan Body Lotion SPF dan Sunblock

body lotion ber spf

Perbedaan utama body lotion yang mengandung SPF dan sunblock terletak pada tingkat perlindungan dan formulanya. Body lotion dengan SPF memberikan perlindungan terhadap sinar matahari dengan tingkat yang bervariasi, seringkali berkisar antara SPF 15 hingga SPF 50. Fungsi utamanya adalah melembapkan atau mencerahkan kulit sekaligus memberikan perlindungan dari sinar UVB. 

Sementara itu, sunblock, atau sering disebut sebagai sunscreen badan, dirancang khusus untuk memberikan perlindungan tinggi terhadap sinar matahari, baik UVA maupun UVB, dengan SPF yang lebih tinggi, seperti SPF 50 hingga di atas SPF 100. Sunblock cenderung memiliki formula yang lebih kental dan tahan air untuk perlindungan yang lebih kuat, dan umumnya digunakan di area yang lebih terekspos, seperti wajah, leher, dan lengan. 

Meskipun keduanya memiliki tujuan utama melindungi kulit dari sinar matahari, tingkat perlindungan dan formulasi keduanya dapat menjadi faktor pembeda

Apakah Boleh Memakai Body Lotion Ber SPF di Malam Hari?

Sebenarnya boleh-boleh saja meskipun tidak sesuai dengan peruntukannya. Di malam hari, ketika tidak ada paparan sinar matahari, penggunaan body lotion dengan SPF mungkin tidak diperlukan. Sebaiknya, kamu menggunakan body lotion yang diformulasikan khusus untuk perawatan kulit di malam hari, seperti night cream atau lotion dengan bahan-bahan yang mendukung regenerasi kulit dan memberikan kelembapan ekstra.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Body Lotion Tone Up Terbaik yang Instan Memutihkan Kulit


Kini, setelah mengetahui manfaat dari body lotion jenis ini, sebaiknya kamu perlu simak 7 rekomendasi body lotion SPF terbaik versi Tim Racunin. Produk yang kami sertakan berikut, telah terdaftar di BPOM sehingga aman untuk kamu pakai ya, Sobat Racun.

1. Vaseline body lotion SPF 30 Gluta Vitamin

vaseline body lotion spf

GlutaGlow dalam formula Vaseline ini diklaim mempercepat pembaruan kulit dengan 10x kekuatan pencerah, sedangkan 10x Multivitamin, Niacinamide, Vitamin C & E menutrisi kulit hingga lapisan terdalam. Teksturnya ringan dan tidak lengket, memberikan perlindungan dari sinar matahari dan polusi, menjadikan kulit lebih cerah dan terlindungi.

2. Marina Extra UV White SPF 30

Marina Extra UV White SPF 30

Marina UV White Extra SPF 30 Hand & Body Lotion diklaim bisa memberikan perlindungan ekstra 2x untuk kulit tampak putih tahan lebih lama. Dengan SPF 30 sebagai UVB Protection untuk melindungi dari sinar matahari dan PA++ sebagai UVA Protection yang membantu mencegah penggelapan kulit. Formulanya mengandung Bio Whitening Complex dengan Vitamin B3 & E, Yogurt, dan Acai Berry yang kaya antioksidan untuk mencerahkan kulit.

3. Nivea Body Lotion SPF 25 Instant Glow

nivea body lotion spf

NIVEA Body Serum Extra Bright Instant Glow SPF25 diklaim instan mencerahkan dan melindungi dari sinar matahari. Diformulasikan dengan 95% Kemurnian Vitamin C dan 8 super foods, termasuk ekstrak mutiara, untuk mencerahkan dan melindungi kulit dari kekeringan dan ketidakmerataan warna. Teksturnya ringan, tidak lengket, dan cocok untuk kulit kering, bertekstur, dan yang membutuhkan kelembapan ekstra.

4. Grace and Glow Brightening Sun Lotion

Body lotion spf terbaik

Grace and Glow Brightening Sun Body Serum diformulasikan dengan aroma parfum Black Opium yang wangi dan dijual dalam kemasan 100 ml. Dengan komposisi utamanya termasuk Arbutin (alpha arbutin) dan ekstrak Bearberry (arctostaphylos uva-ursi) lotion ini diklaim bisa bantu mencerahkan kulit, merawat kelembutan kulit, dan melindungi kulit dari sinar UV dengan kandungan SPF30. 

5. Citra Natural Booster Body Serum Protect Glow SPF20

CITRA NATURAL BOOSTER BODY SERUM PROTECT GLOW SPF 20

CITRA NATURAL BOOSTER BODY SERUM PROTECT GLOW SPF 20 PA++ hadir dengan formula 20X NIACINAMIDE + VIT. C dan 20X HYALURONIC ACID yang diklaim ampuh beri perlindungan total dan mencerahkan untuk kulit. Tersedia dalam 4 varian: Complete Glow, Protect Glow, Fresh Glow, dan Insta-Glow. Mengandung 100% Natural Cactus Extract, SPF 20 PA++, dan Cooling Technology. Lalu, memberikan perlindungan dari UVA, UVB, Blue-Light, dan polusi.

6. Beauty Buffet Scentio Milk SPF25

Beauty Buffet Scentio Milk SPF25

Beauty Buffet Scentio Milk SPF25 diklaim bisa melindungi kulit dari perubahan warna, kusam, dan kerusakan akibat UVA dan UVB. Dengan Protein Susu, Vitamin B3 dan B5, lotion ini mengkondisikan dan mencerahkan kulit. Kandungan Co-Enzyme Q10 memberikan perlindungan anti-penuaan, melawan radikal bebas, dan meremajakan tekstur kulit. Co-Enzyme Q10 ini memiliki kekuatan antioksidan 50 kali lebih tinggi dari Vitamin E.

7. Herborist Juice for Skin Gluta Body Serum SPF30

Herborist Juice for Skin Gluta Body Serum SPF30

JUICE FOR SKIN GLUTA BOOSTER Lotion Serum SPF 30 PA+++ diklaim memberikan kulit glowing, juicy, dan perlindungan optimal dari sinar UVA & UVB. Dengan ekstrak buah, sayur, Whitebooster Formula, Glutathione, Hydrolized Collagen, dan Vitamin E, bikin kulit cerah sejak hari ke-7. Tersedia dalam varian POME BERRY & BEETROOT (energize & glow) dan MIXED BERRIES & TARO (revitalize & glow).

Baca Juga: Steal Her Look: Daily Makeup ala Lead Female Drakor Terhits 2024, Natural dan Cocok Buat Sehari-Hari

Berapa SPF yang Baik untuk Badan?

SPF 30 hingga 50 dianggap baik untuk perlindungan kulit sehari-hari, dengan SPF 50 atau lebih tinggi direkomendasikan untuk aktivitas di luar ruangan yang intens. SPF 20-25 tetap memberikan perlindungan, namun, lebih cocok untuk aktivitas di dalam ruangan atau paparan sinar matahari yang singkat. Pilihan SPF sebaiknya disesuaikan dengan kondisi cuaca, tipe kulit, dan durasi paparan sinar matahari ya, Sobat Racun.

Cara Memilih Body Lotion SPF yang Tepat

body lotion ber spf

Memilih body lotion dengan SPF yang tepat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Pertama, perhatikan kebutuhan kulitmu. Jika kamu banyak beraktivitas di luar ruangan atau berada lama di lokasi dengan sinar matahari, pilihlah body lotion dengan SPF lebih tinggi, sekitar 30 hingga 50 atau bahkan lebih. 

Selanjutnya, Mincun sarankan untuk memperhatikan tipe kulit kamu. Jika kamu memiliki kulit sensitif, carilah produk yang dirancang khusus untuk kulit sensitif dan hypoallergenic. Lalu, baca label dengan cermat untuk memastikan bahwa body lotion mengandung perlindungan spektrum penuh terhadap sinar UVA dan UVB. 

Terakhir, pertimbangkan tekstur dan kenyamanannya di kulit kamu. Pilihlah formula yang mudah menyerap, tidak lengket, dan sesuai dengan preferensi. Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, kamu dapat memilih lotion SPF yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Ingatlah untuk selalu mengaplikasikan ulang setelah beberapa jam terutama saat beraktivitas di luar ruangan.

Kesimpulan

Bagi kamu yang ingin membeli body lotion dengan SPF, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan kulit dan aktivitas harianmu. Pilihlah produk dengan SPF yang sesuai dengan tingkat paparan sinar matahari yang biasa kamu alami. Jika sering beraktivitas di luar ruangan atau di lokasi dengan sinar matahari intens, disarankan untuk memilih SPF 30 hingga 50. 

Selain itu, perhatikan juga tipe kulit dan  tekstur produk. Body lotion SPF terbaik yang mudah menyerap, tidak lengket, dan sesuai dengan kebutuhan kulit kamu dapat memberikan kenyamanan sepanjang hari. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, kamu dapat memilih body lotion SPF yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan kulit kamu. Jadi, ingin beli merek yang mana nih? Semoga artikel rekomendasi body lotion ber-SPF ini bisa membantumu menemukan produk yang tepat ya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama