Apa Itu Efek Tone Up? Efek yang Bisa Bikin Kulit Cerah Secara Instan

apa itu efek tone up

Apa yang terlintas di benakmu saat mendengar kata tone up? Apakah kamu sudah familiar dengan istilah ini? Jika kamu penggemar produk kecantikan, terutama skincare, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah satu ini. Tapi bagi kamu yang masih clueless mengenai apa itu tone up, Mincun akan menjelaskan secara detail mengenai apa itu efek tone up, bagaimana cara kerjanya, dan hal lain seputar tone up yang wajib kamu ketahui.

Apa arti dari Tone Up?

Mungkin sebagian besar dari kamu akan langsung berpikir tentang efek cerah pada kulit. Yes, tidak salah kok, karena pada dasarnya, efek tone up adalah perubahan warna (tone) kulit dari kusam ke cerah yang umumnya disebabkan oleh penggunaan suatu produk.


efek tone up


Efek tone up ini sangat sering ditemukan dalam sebuah produk skincare dengan nama tone up cream. Produk satu ini terkenal dapat memberikan hasil kulit cerah secara instan.


Selain tone up cream, efek tone up juga bisa kamu temukan dengan mudah dalam produk sunscreen. Biasanya, sunscreen dengan efek tone up ini merupakan jenis physical sunscreen atau hybrid sunscreen yang aman untuk kulit sensitif dan berjerawat.


Tone up cream biasanya mengandung titanium dioxide yang memang memiliki warna putih. Warna inilah yang akan memberikan efek tone up atau kesan putih dan cerah secara instan pada kulit.


Apa bedanya kulit putih dan cerah?

Apakah kamu belum bisa membedakan antara kulit putih dan cerah? Meskipun banyak yang mengira tidak berbeda, nyatanya kulit cerah sangat jauh beda dengan kulit putih lho!


Umumnya, kulit cerah dijadikan acuan sebagai tolak ukur kondisi kulit yang sehat. Secara teori, kulit cerah tentu berbeda dari kulit putih. Kulit cerah bisa muncul di warna kulit apa saja, mulai dari paling terang hingga paling gelap. Sedangkan kulit putih, belum tentu terlihat cerah.


Simple-nya begini. Pasti kamu pernah kan melihat orang dengan warna kulit yang gelap, tapi memiliki penampilan yang segar dan menarik? Seperti model cantik satu ini! Bisa dibilang, kulitnya sangat sehat dan terawat, sehingga termasuk dalam kategori cerah.


Nah, kamu juga pasti pernah melihat orang berkulit terang, tapi penampilannya lesu dan kulitnya terlihat kasar dan tidak terawat. Meskipun memiliki warna kulit terang, tapi kondisi kulitnya tidak sehat dan bahkan tidak terlihat cerah.


Setelah membaca penjelasan Mincun dan contoh pembandingnya, apakah kamu sudah paham tentang konsep dan perbedaan kulit putih dengan kulit cerah?


Apakah Tone Up cream boleh digunakan setiap hari?

Tentu saja boleh, karena tone up cream punya fungsi sama seperti pelembap. Tapi kamu perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk menggunakan tone up cream setiap hari. Karena kandungan yang memberikan efek tone up dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering atau bahkan berminyak secara berlebihan.


Apakah Tone Up cream dipakai setelah sunscreen?

Tone up cream sebenarnya memiliki fungsi yang sama seperti moisturizer, yaitu untuk melembapkan kulit. Jadi sebaiknya gunakan tone up cream sebelum penggunaan sunscreen.


tone up sunscreen

Tapi jika kamu merasa sunscreen yang kamu gunakan sudah cukup lembap, kamu bisa menggunakan tone up cream setelah penggunaan sunscreen. Hal ini akan memberikan efek tone up yang cantik dan lebih alami, karena tidak akan bergeser akibat sunscreen. Step ini bisa kamu lakukan jika ingin mendapatkan hasil kulit yang cerah natural atau sebagai pengganti foundation untuk makeup sehari-hari.


Apakah kamu sudah mengetahui lebih banyak tentang efek tone up setelah membaca artikel yang Mincun bagikan? Coba tinggalkan komentar di bawah ya!


Jika kamu tertarik mencoba produk tone up, kamu bisa mulai cek beberapa rekomendasi produk yang Mincun rangkum di postingan berikut ini:


Bikin Cerah Maksimal, Ini 7 Rekomendasi Tone Up Cream Terbaik

11 Rekomendasi Tone Up Sunscreen Terbaik

7 Rekomendasi Tone Up Body Lotion untuk Memutihkan Kulit

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama